Search for collections on Undip Repository

PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP CITRA PERUSAHAAN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PDAM KABUPATEN SEMARANG

YAHYA, Yahya (2023) PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP CITRA PERUSAHAAN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PDAM KABUPATEN SEMARANG. Masters thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[img] Text (Cover)
1._T___Cover___12010119420074.pdf - Published Version

Download (263kB)
[img] Text (Abstrak (Inggris))
4._T___Abstrak_(Inggris)___12010119420074.pdf - Published Version

Download (237kB)
[img] Text (Abstrak (Indonesia))
5._T___Abstrak_(Indonesia)___12010119420074.pdf - Published Version

Download (306kB)
[img] Text (Daftar Isi)
6._T___Daftar_Isi___12010119420074.pdf - Published Version

Download (320kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
12._T___Daftar_Pustaka___12010119420074.pdf - Published Version

Download (385kB)
[img] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._T___Fulltext_PDF_Bookmarks___12010119420074.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Air, sebagai elemen vital yang dibutuhkan oleh semua entitas hidup, termasuk
manusia, merupakan kebutuhan pokok yang tak tergantikan dalam ekosistem global
saat ini. Kehadirannya memiliki peran yang krusial dalam menjaga kelangsungan
hidup manusia. Sebagai hasilnya, tanggung jawab pengelolaan air secara
menyeluruh jatuh pada tangan pemerintah sebagai pengatur utama dalam hal ini.
Dasar dilakukannya penelitian ini adalah karena adanya research gap dan untuk
memperkuat teori-teori mengenai digital marketing terhadap kepuasan pelanggan
serta digital marketing dan kepuasan pelanggan terhadap citra perusahaan. Metode
penelitian yang digunakan adalah “explanatory research” yang menyoroti pengaruh
antara faktor-faktor penelitian melalui pengujian hipotesis. peneliti membagikan
180 kuesioner kepada 180 responden hasil pengundian. Seratus tiga puluh
kuesioner tersebut kemudian diteliti kelengkapannya hingga menunjukkan hanya
151 kuesioner yang memiliki data yang layak digunakan untuk penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan meningkatkan loyalitas pelanggan
PDAM, dibutuhkan suatu metode pemasaran yang tepat yanitu menggunakan
metode digital marketing. Loyalitas pelanggan dibangun berdasarkan dua variabel,
yaitu kepuasan pelanggan dan citra perusahaan. Meningkatnya jumlah keluhan
pelanggan menunjukkan menurunnya tingkat kepuasan pelanggan PDAM
Kabupaten Semarang. Upaya menurunkan keluhan pelanggan dilakukan melalui
komunikasi dengan pelanggan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Digital Marketing, Kepuasan Pelanggan, Citra Perusahaan, Loyalitas Pelanggan
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Master Program in Management
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 28 May 2024 06:45
Last Modified: 28 May 2024 06:45
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23167

Actions (login required)

View Item View Item