Search for collections on Undip Repository

PERAN REPUTASI PERUSAHAAN DAN KEUNGGULAN KOMPETITIF DALAM MEMEDIASI HUBUNGAN PENGUNGKAPAN ENVIRONMENT, SOCIAL, GOVERNANCE (ESG) DAN NILAI PERUSAHAAN (Studi Empirik Pada Perusahaan Non-Keuangan di Indonesia)

ROHENDI, Hendi (2023) PERAN REPUTASI PERUSAHAAN DAN KEUNGGULAN KOMPETITIF DALAM MEMEDIASI HUBUNGAN PENGUNGKAPAN ENVIRONMENT, SOCIAL, GOVERNANCE (ESG) DAN NILAI PERUSAHAAN (Studi Empirik Pada Perusahaan Non-Keuangan di Indonesia). Doctoral thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[img] Text (Cover)
1._D___Cover___12020119510052.pdf - Published Version

Download (404kB)
[img] Text (Abstrak (Inggris))
4._D___Abstrak_(Inggris)___12020119510052.pdf - Published Version

Download (386kB)
[img] Text (Abstrak (Indonesia))
5._D___Abstrak_(Indonesia)___12020119510052.pdf - Published Version

Download (386kB)
[img] Text (Daftar Isi)
6._D___Daftar_Isi___12020119510052.pdf - Published Version

Download (599kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
13._D___Daftar_Pustaka___12020119510052.pdf - Published Version

Download (754kB)
[img] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
17._D___Fulltext_PDF_Bookmarks___12020119510052.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak pengungkapan ESG
terhadap nilai perusahaan. Selain itu, menguji peran reputasi perusahaan dan
keunggulan kompetitif dalam memediasi hubungan antara pengungkapan ESG dan
nilai perusahaan.
Sampel penelitian ini adalah 42 perusahaan non-keuangan di Indonesia
selama periode 2015-2021 dengan total observasi 252. Selanjutnya, data diestimasi
dengan menggunakan PLS-SEM dan bantuan WarpPLS 8.0 untuk menguji
hipotesis dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ESGD tidak berdampak terhadap nilai
perusahaan di Indonesia. Namun, ketika reputasi perusahaan maupun keunggulan
kompetitif masuk sebagai variabel mediasi diantara hubungan keduanya, hasilnya
menunjukkan arah positif yang signifikan terhadap nilai perusahaan.
Tidak hanya itu, hasil penelitian ini telah memperkuat impression
management theory yakni dengan pengungkapan ESG mampu membangun kesan
dan citra positif bagi perusahaan. Selain itu, penelitian ini memperkuat resource
based view theory yang menyatakan bahwa pengungkapan ESG dapat menjadi
salah satu sumber daya perusahaan. Tidak hanya itu, hasil temuan telah mendukung
teori sinyal yang menganggap bahwa dengan perusahaan mengungkapkan ESG
dapat berdampak positif terhadap reputasi perusahaan maupun keunggulan
kompetitif dan pada gilirannya memberikan sinyal positif pada nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan ESG, nilai perusahaan, reputasi perusahaan, keunggulan kompetitif, ukuran perusahaan, leverage, profitabilitas, perusahaan non-keuangan.
Subjects: Economics and Business > Accounting
Economics and Business
Divisions: Faculty of Economics and Business > Doctor Program in Economics
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 22 May 2024 08:06
Last Modified: 22 May 2024 08:06
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23071

Actions (login required)

View Item View Item