Search for collections on Undip Repository

PELAKSANAAN TUGAS DAN WEWENANG KEPALA DESA DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DESA DI DESA CANGAKAN KECAMATAN KASREMAN KABUPATEN NGAWI MENURUT UNDANG UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA. _65 HTN 2019

YAHYA, ALGAZSTYA ARGAJUNA and Indarja, Indarja and Soemarmi, Amiek (2019) PELAKSANAAN TUGAS DAN WEWENANG KEPALA DESA DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DESA DI DESA CANGAKAN KECAMATAN KASREMAN KABUPATEN NGAWI MENURUT UNDANG UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA. _65 HTN 2019. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
Algaztya Argajuna Yahya-cover.pdf

Download (734kB)
[img] Text
Algaztya Argajuna Yahya-abstrak.pdf

Download (110kB)
[img] Text
Algaztya Argajuna Yahya-bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] Text
Algaztya Argajuna Yahya-bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)
[img] Text
Algaztya Argajuna Yahya-bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] Text
Algaztya Argajuna Yahya-bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Algaztya Argajuna Yahya-bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] Text
Algaztya Argajuna Yahya-dapus.pdf

Download (257kB)

Abstract

Desa merupakan entitas terkecil dalam pemerintahan Indonesia yang diakui dan dihormati berdasarkan konstitusi. Desa merupakan institusi yang otonom dengan tradisi, adat istiadat dan hukumnya sendiri, serta relatif mandiri. Pengaturan tentang desa secara khusus diatur dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Pengaturan tersebut membawa desa memasuki babak baru dan membawa harapan-harapan baru bagi kehidupan kemasyarakatan dan pemerintahan desa yang berdampak erat kepada keuangan dan aset desa terkait dengan sistem pengelolaan keuangan dan aset desa. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana pelaksanaan tugas dan wewenang kepala desa dalam pengelolaan keuangan dan aset desa? (2) Hambatan apa saja yang timbul dalam pengelolaan keuangan dan aset desa ?
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pendekatan
yuridis normatife yang hasil penelitian ini kemudian dijabarkan dengan deskriptif analitis yang dilengkapi dengan bahan hukum primer, data sekunder dan bahan hukum tersier serta hasil wawancara langsung dengan Kepala Desa dan Kaur Aset Desa cangakan. Lokasi penelitian dilakukan di Desa Cangakan, Kecamatan Kasreman, Kabupaten Ngawi. Kepala Desa Cangakan terhadap tugas dan wewenangnya telah diatur dalam Pasal 26 ayat 2 Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 melakukan beberapa tahapan, diantaranya : pengelolaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban. Lebih lanjut kepala desa dalam hal pengelolaan terhadap aset desa yang secara khusus dijabarkan di dalam Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Keuangan Desa, dan Permendagri Nomor 1 Tahun 2016 tentang pengelolaan keuangan dan aset desa dari berbagai barang desa berupa kekayaan asli desa, dibeli atau diperoleh atas APBDesa, dan perolehan lainnya yang sah. Menindaklanjuti peraturan tersebut kepala desa mengeluarkan Perkades Nomor 3 Tahun 2019 tentang penjabaran APBDesa. Penulis mendapatkan kesimpulan bahwasanya dengan adanya berbagai peraturan yang ada seharusnya pengelolaan keuangan dan aset desa dapat berjalan dengan maksimal, namun realitas berkata lain karena masih terdapat berbagai kasus pelaksanaan pengelolaan keuangan dan aset desa yang tidak maksimal seperti yang telah ditentukan dalam peraturan perundang-undangan terkait.
Kata Kunci : Pengelolaan Keuangan dan Aset desa, Karakteristik
Desa, Regulasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Keuangan dan Aset desa, Karakteristik Desa, Regulasi
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 07 Jun 2024 08:26
Last Modified: 07 Jun 2024 08:26
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22991

Actions (login required)

View Item View Item