Search for collections on Undip Repository

Analisis Kontrol Optimal Model Matematika Pemasaran Viral Platform Shopee dengan Variabel Kontrol Berupa Diskon dan Koin

Nurvianasari, Harnum Indah (2024) Analisis Kontrol Optimal Model Matematika Pemasaran Viral Platform Shopee dengan Variabel Kontrol Berupa Diskon dan Koin. Undergraduate thesis, UNDIP.

[img] Text
Pendahuluan - Harnum Indah.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ISI - Harnum Indah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Daftar pustaka - Harnum Indah.pdf

Download (118kB)

Abstract

Pemasaran viral merupakan bentuk promosi yang bertujuan untuk menyebarkan suatu informasi, sehingga dapat memberikan jangkauan dan dampak dalam skala yang lebih luas. Salah satu bentuk pemasaran viral bisa dilakukan pada platform Shopee yang merupakan aplikasi penjualan online yang banyak diminati saat ini. Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis kontrol optimal model matematika pemasaran viral dengan menambahkan variabel kontrol berupa diskon dan koin yang berlaku di platform Shopee. Sebelum menganalisis kontrol optimalnya, model matematika pemasaran viral akan dilakukan uji stabilitas lokal titik kesetimbangan untuk menunjukan bahwa model matematika tersebut stabil. Selain itu, dalam skripsi ini, juga dilakukan analisis sensitivitas parameter untuk menentukan parameter yang paling berpengaruh pada model matematika pemasaran viral di platform Shopee. Selanjutnya, dilakukan penambahan variabel kontrol berupa diskon dan koin pada model matematika yang kemudian diselesaikan dengan metode Prinsip Maksimum Pontryagin untuk mengoptimalkan indeks perfomansi yang dibuat. Selanjutnya, pemograman Phyton digunakan untuk mendapatkan hasil penggambaran numerik model matematika sebelum dan sesudah diberi kontrol. Hasil pemodelan numerik menunjukkan bahwa memberikan diskon dan koin secara bersamaan cukup optimal dalam memaksimalkan jumlah subpopulasi individu yang membeli produk serta berkomentar positif daripada sebelum adanya kontrol pada model matematika pemasaran viral platform Shopee.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sciences and Mathemathic
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
Depositing User: Nurcahya Yulian
Date Deposited: 20 May 2024 01:55
Last Modified: 20 May 2024 01:55
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22987

Actions (login required)

View Item View Item