Banjarnahor, Intan (2023) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAPTOP ACER DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
Text
Cover.pdf - Submitted Version Download (592kB) |
|
Text
Bab I.pdf - Submitted Version Download (432kB) |
|
Text
Bab II.pdf - Submitted Version Download (315kB) |
|
Text
Bab III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (327kB) |
|
Text
Bab IV.pdf - Submitted Version Download (56kB) |
|
Text
Dafpus.pdf - Submitted Version Download (59kB) |
|
Text
Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (508kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi semakin menunjukkan kemajuan dan setiap orang kini
sangat bergantung pada teknologi untuk menjalani aktivitas sehari-hari, salah
satunya adalah penggunaan laptop. Laptop Acer merupakan salah satu laptop
yang banyak digunakan, namun data Top Brand Index tahun 2017-2020
menunjukkan bahwa laptop Acer selalu mengalami penurunan indeks didukung
juga dengan data penjualan laptop Acer di Kota Semarang yang fluktuatif dan
terdapat beberapa review negatif konsumen yang mempengaruhi keputusan
pembelian.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan
harga terhadap keputusan pembelian laptop Acer di Kota Semarang dengan
menggunakan tipe penelitian explanatory. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan adalah teknik nonprobability sampling dengan metode purposive
sampling. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden dan
kemudian dianalisis menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Adapun
pengolahan data yang dilakukan adalah uji validitas dan reliabilitas, koefisien
korelasi, koefisien determinasi, regresi linear sederhana, regresi linear berganda,
uji t, dan uji F dengan bantuan spss versi 20.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kualitas produk
dan harga berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian,
dimana ketika dilakukan secara bersama-sama kualitas produk memiliki pengaruh
yang paling besar terhadap keputusan pembelian. Secara parsial, kualitas produk
menyumbang sebesar 48% terhadap keputusan pembelian, sedangkan harga
menyumbang sebesar 37,2 % terhadap keputusan pembelian. Sedangkan secara
simultan kualitas produk dan harga menyumbang sebesar 52,7% terhadap
keputusan pembelian.
Berdasarkan hasil yang didapatkan, maka disarankan Acer dapat
menambah variasi pada desain dan varian warna pada laptop sehingga dapat lebih
menarik perhatian konsumen, meningkatkan kualitas laptop Acer sehingga dapat
digunakan konsumen dalam jangka waktu yang lama, dapat menentukan harga
yang sesuai antara laptop dengan manfaat yang diberikan serta mampu bersaing
dengan pesaingnya.
Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 19 Apr 2024 03:28 |
Last Modified: | 19 Apr 2024 03:28 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22630 |
Actions (login required)
View Item |