Search for collections on Undip Repository

TANGGUNG JAWAB EKSPEDITUR DALAM PENGANGKUTAN BARANG MELALUI LAUT ATAS KERUGIAN BARANG ANGKUTAN (STUDI KASUS PT MITRA KARGO INDONESIA). _066 DAGANG 2024

PERTIWI, FITA AYU and Njatrijani, Rinitami and Saptono, Hendro (2024) TANGGUNG JAWAB EKSPEDITUR DALAM PENGANGKUTAN BARANG MELALUI LAUT ATAS KERUGIAN BARANG ANGKUTAN (STUDI KASUS PT MITRA KARGO INDONESIA). _066 DAGANG 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
Fita Ayu Pertiwi-cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Fita Ayu Pertiwi-abstrak.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Fita Ayu Pertiwi-bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (694kB)
[img] Text
Fita Ayu Pertiwi-bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img] Text
Fita Ayu Pertiwi-bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB)
[img] Text
Fita Ayu Pertiwi-bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
Fita Ayu Pertiwi-dapus.pdf

Download (736kB)

Abstract

Sebagai negara maritim, pengangkutan melalui laut di Indonesia ini menjadi sarana transportasi terpopuler dalam pengangkutan barang. Dalam penyelenggaraannya dibutuhkan peran dari pihak yang ahli dibidangnya, yaitu ekspeditur. Sebagai penyedia jasa perantara, ekspeditur memiliki peran penting dalam pengangkutan laut yakni untuk mengurus hal-hal yang dibutuhkan oleh pengguna jasanya dalam proses pengiriman barang. Namun dalam menjalankan kewajibannya, tidak menutup kemungkinan ekspeditur ini dihadapkan dengan kendala-kendala yang menimbulkan kerugian pada pengguna jasanya. Sebagaimana yang terjadi pada PT Mitra Kargo Indonesia sebagai pihak ekspeditur. Oleh karena itu, tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini untuk: Pertama, mengetahui tanggung jawab PT Mitra Kargo Indonesia sebagai ekspeditur dalam pengangkutan barang melalui laut atas kerugian barang angkutan. Kedua, mengetahui upaya penyelesaian sengketa atas timbulnya kerugian barang angkutan dalam pengangkutan barang melalui laut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis empiris dengan spesifikasi penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi dan wawancara untuk mengumpulkan data primer dan penelitian kepustakaan untuk mengumpulkan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT Mitra Kargo Indonesia memegang penuh tanggung jawab atas barang yang diserahkan kepadanya. Apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan oleh para pihak yang disebabkan karena kesalahannya dan menimbulkan kerugian pada barang, maka PT Mitra Kargo Indonesia diwajibkan untuk bertanggung jawab atas kerugian yang dialami pelanggannya. Apabila terjadi suatu sengketa dengan pelanggannya, PT Mitra Kargo Indonesia mengedepankan penyelesaian sengketa menggunakan upaya negosiasi.
Kata kunci: Tanggung Jawab, Ekspeditur, Pengangkutan, Pengangkutan Laut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab, Ekspeditur, Pengangkutan, Pengangkutan Laut
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 05 Apr 2024 04:10
Last Modified: 05 Apr 2024 04:10
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22536

Actions (login required)

View Item View Item