Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PENGARUH ENTREPRENEURIAL MARKETING DIMENSIONS TERHADAP KINERJA UNIT USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) SEKTOR FOOD & BEVERAGE (F&B) HALAL (Studi pada UMKM Kota Semarang)

RAMADHANI, Jilan Thahani (2023) ANALISIS PENGARUH ENTREPRENEURIAL MARKETING DIMENSIONS TERHADAP KINERJA UNIT USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) SEKTOR FOOD & BEVERAGE (F&B) HALAL (Studi pada UMKM Kota Semarang). Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[img] Text (Cover)
1._S___Cover___12020219140094.pdf - Published Version

Download (275kB)
[img] Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12020219140094.pdf - Published Version

Download (264kB)
[img] Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12020219140094.pdf - Published Version

Download (265kB)
[img] Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12020219140094.pdf - Published Version

Download (288kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12020219140094.pdf - Published Version

Download (425kB)
[img] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12020219140094.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah memiliki peranan yang sangat penting
dalam perekonomian suatu negara karena mereka berperan dalam menciptakan
lapangan kerja, mendukung pertumbuhan ekonomi, dan berkontribusi pada
perkembangan komunitas lokal. Banyak negara dan organisasi mendorong
pengembangan UMKM karena mereka dapat membantu mengurangi
pengangguran, meningkatkan pendapatan keluarga, dan mendukung pertumbuhan
ekonomi lokal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi, proaktif,
fokus peluang, pengambilan risiko, intensitas pelanggan, pemanfaatan sumber
daya dan penciptaan nilai terhadap kinerja UMKM sektor Food & Beverage Halal
Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan
responden sebesar 81 orang sebagai pelaku usaha UMKM yang bergerak di sektor
F&B atau kuliner yang berada di Kota Semarang dan sudah memiliki sertifikat
halal MUI. Adapun alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier
berganda dengan SPSS versi 27 dan teknik pengukuran Skala Likert.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial inovasi memiliki
pengaruh negative dan signifikan terhadap pkinerja UMKM, proaktif berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM, fokus peluang berpengaruh positif
dan signifikan terhadap kinerja UMKM, pengambilan risiko berpengaruh negatif
dan signifikan terhadap kinerja UMKM, intensitas pelanggan berpengaruh positif
dan signifikan terhadap kinerja UMKM, pemanfaatan sumber daya berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM,penciptaan nilai berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM. Secara simultan inovasi, proaktif,
fokus peluang, pengambilan risiko, intensitas pelanggan, pemanfaatan sumber
daya, penciptaan nilai memberi pengaruh terhadap kinerja UMKM sektor kuliner
halal Kota Semarang secara ppositif dan signifikan dengan nilai koefisien
determinasi (R2
) sebesar 0,682.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: UMKM, Inovasi, Proaktif, Fokus Peluang, Pengambilan Risiko, Intensitas Pelanggan, Pemanfaatan Sumber Daya, Penciptaan Nilai
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Islamic Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Islamic Economics
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 03 Apr 2024 02:19
Last Modified: 03 Apr 2024 02:19
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22441

Actions (login required)

View Item View Item