Search for collections on Undip Repository

PENGARUH TOURIST FACILITIES DAN DESTINATION IMAGE TERHADAP REVISIT INTENTION MELALUI ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) (STUDI PADA WISATA AIR UMBUL PONGGOK)

Rani, Wina Widya (2024) PENGARUH TOURIST FACILITIES DAN DESTINATION IMAGE TERHADAP REVISIT INTENTION MELALUI ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) (STUDI PADA WISATA AIR UMBUL PONGGOK). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER WINA.pdf - Submitted Version

Download (833kB)
[img] Text
BAB I WINA.pdf - Submitted Version

Download (776kB)
[img] Text
BAB II WINA.pdf - Submitted Version

Download (263kB)
[img] Text
BAB III WINA.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img] Text
BAB IV WINA.pdf - Submitted Version

Download (248kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA WINA.pdf - Submitted Version

Download (193kB)
[img] Text
LAMPIRAN WINA.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pariwisata Indonesia memiliki peluang yang sangat besar untuk
dikembangkan. Sektor ini digadang – gadang dapat menggeser dominasi sektor
migas sebagai penyumbang utama devisa negara. Hal ini mengakibatkan banyak
pihak yang berlomba – lomba mengembangkan potensi wisata yang ada di daerah
masing – masing demi menarik perhatian pengunjung, salah satunya wisata air
Umbul Ponggok Kabupaten Klaten. Namun mulai tahun 2019 mengalami
penurunan pendapatan yang signifikan .
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tourist facilities dan
destination image terhadap revisit intention melalui electronic word of mouth pada
wisata air Umbul Ponggok. Tipe penelitian ini menggunakan explanatory
research dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang merupakan
pengunjung wisata air Umbul Ponggok yang berusia 17 - 64 tahun. Teknik
pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan metode
purposive sampling. Pada analisis data menggunakan software SmartPLS SEM 4
For Windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tourist facilities memiliki
pengaruh signifikan terhadap electronic word of mouth, destination image
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap electronic word of mouth, tourist
facilities memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap revisit intention dan
destination image memiliki pengaruh yang signifikan terhadap revisit intention.
Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa tourist facilities dan destination image
memiliki pengaruh tidak langsung terhadap revisit intention melalui electronic
word of mouth pada wisata air Umbul Ponggok. Saran dalam penelitian ini adalah
pihak pengelola meningkatkan fasilitas publik yang ada demi kenyamanan
pengunjung seperti tempat parkir, toilet dan mushola. Pada penelitian selanjutnya
ditambahkan variabel yang lebih spesifik seperti positif electronic word of mouth
atau negative word of mouth.
Kata kunci: revisit intention, tourist facilities, destination image dan electronic
word of mouth

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 01 Apr 2024 07:00
Last Modified: 01 Apr 2024 07:00
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22351

Actions (login required)

View Item View Item