Search for collections on Undip Repository

ANALISIS KINERJA PERUMDA AIR MINUM TIRTA RANGGA DALAM PELAYANAN AIR BERSIH KABUPATEN SUBANG

Shabrina, Nabilla Nur (2024) ANALISIS KINERJA PERUMDA AIR MINUM TIRTA RANGGA DALAM PELAYANAN AIR BERSIH KABUPATEN SUBANG. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (730kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (142kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Perumda Air Minum Tirta Rangga Kabupaten Subang adalah Badan Usaha Milik
Daerah yang bertanggung jawab dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan
daerah dan berkewajiban memberikan pelayanan penyediaan air bersih kepada
masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja organisasi serta
faktor pendorong dan penghambat kinerja organisasi Perumda Air Minum Tirta
Rangga Kabupaten Subang. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif
dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling
dan validitas data melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kinerja Perumda Air Minum Tirta Rangga Kabupaten Subang belum optimal,
terutama pada fenomena produktivitas dalam memberikan pelayanan air bersih
kepada masyarakat belum berhasil karena efektivitas tidak mencapai target. Aspek
kualitas pelayanan berupa ketepatan waktu dalam menangani pengaduan dan
keluhan masyarakat juga mash belum bisa dijalankan secara maksimal. Faktor yang
menghambat kinerja Perumda Air Minum Tirta Rangga Kabupaten Subang adalah
faktor personal dan faktor sistem. Saran yang dapat peneliti sampaikan adalah
Perumda Air Minum Tirta Rangga Kabupaten Subang dapat meningkatkan
produktivitas dengan mengevaluasi efektivitas pelayanan dalam mencapai target
pelanggan, adanya standarisasi dalam penerimaan pegawai, serta meningkatkan
ketepatan waktu dalam menangani pengaduan dan keluhan masyarakat.
Kata Kunci: Pelayanan Masyarakat, Kinerja Organisasi, Perumda Air Minum
Tirta Rangga Kabupaten Subang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 01 Apr 2024 06:44
Last Modified: 31 May 2024 02:12
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22347

Actions (login required)

View Item View Item