Search for collections on Undip Repository

MULTI-TRACK DIPLOMACY : IMPLEMENTASI STRATEGI INDONESIA SPICE UP THE WORLD DI EROPA TAHUN 2022-2023

Safira, Sahzanan Sarah (2024) MULTI-TRACK DIPLOMACY : IMPLEMENTASI STRATEGI INDONESIA SPICE UP THE WORLD DI EROPA TAHUN 2022-2023. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

[img] Text
1. Cover_Sahzanan.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
2. Bab I_Sahzanan.pdf - Submitted Version

Download (360kB)
[img] Text
3. Bab II_Sahzanan.pdf - Submitted Version

Download (539kB)
[img] Text
4. Bab III_Sahzanan.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (993kB)
[img] Text
5. Bab IV_Sahzanan.pdf - Submitted Version

Download (287kB)
[img] Text
6. Daftar Pustaka_Sahzanan.pdf - Submitted Version

Download (436kB)

Abstract

Kurangnya pengenalan produk rempah dan olahannya di kancah
internasional menjadi latar belakang dalam penelitian ini. Berdasarkan hal
tersebut membuat pemerintah Indonesia membentuk strategi gastrodiplomasi
baru yang bernama Indonesia Spice Up The World (ISUTW) yang digunakan
untuk meningkatkan promosi kuliner serta produk olahan rempah dengan
memanfaatkan keberagaman budaya kuliner yang dimiliki Indonesia. Dalam
penelitian ini benua Eropa dipilih menjadi salah satu benua yang memiliki
potensi lebih dalam pengimplementasian program tersebut. Hal ini kemudian
muncul rumusan masalah yakni bagaimana peranan Multi-Track Diplomacy
dalam dalam strategi gastrodiplomasi Indonesia di Eropa melalui Indonesia
Spice Up the World (ISUTW) tahun 2022-2023?.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peran dan upaya yang
dilakukan Multi-Track Diplomacy dalam implementasi ISUTW dan
mencapai kepentingannya. Dalam menjawab permasalahan dan tujuan
penelitian, penelitian ini menggunakan konsep Multi-Track Diplomacy
(MTD) yang dimana menggunakan tiga dari sembilan track didalamnya,
yakni aktor pemerintah (track one), kelompok bisnis (track three), dan
kelompok pendanaan (track eight). Selain itu juga menggunakan empat
konsep strategi gastrodiplomasi, diantaranya strategi pemasaran produk,
acara makanan, membangun koalisi, dan pendidikan.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif-deskriptif,
dengan menggunakan sumber data primer yang didapatkan dari laporan,
dokumen, maupun laman web resmi Pemerintah Indonesia. Sedangkan data
sekunder dari penelitian ini berupa studi kepustakana. Hasil dari penelitian
ini adalah peranan berbagai aktor baik dari aktor pemerintah maupun nonpemerintah dalam pelaksanaan strategi gastrodiplomasi berhasil mencapai
salah satu tujuan dari program ISUTW yakni meningkatkan promosi kuliner
serta produk olahan rempahnya di Eropa.
Kata Kunci : ISUTW, Gastrodiplomasi, Multi-Track Diplomacy (MTD),
Indonesia, dan Eropa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of International Relations
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 01 Apr 2024 04:36
Last Modified: 01 Apr 2024 04:36
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22320

Actions (login required)

View Item View Item