Search for collections on Undip Repository

PENGARUH DESTINATION IMAGE DAN SERVICE QUALITY TERHADAP REVISIT INTENTION MELALUI ELECTRONIC WORD OF MOUTH (STUDI PADA PENGUNJUNG WISATA PANTAI DEWA RUCI “JATIMALANG” KABUPATEN PURWOREJO)

FITRIA, DIFA NUR (2024) PENGARUH DESTINATION IMAGE DAN SERVICE QUALITY TERHADAP REVISIT INTENTION MELALUI ELECTRONIC WORD OF MOUTH (STUDI PADA PENGUNJUNG WISATA PANTAI DEWA RUCI “JATIMALANG” KABUPATEN PURWOREJO). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[img] Text
1. COVER.pdf - Submitted Version

Download (892kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf - Submitted Version

Download (902kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf - Submitted Version

Download (666kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (554kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (59kB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (200kB)
[img] Text
7. LAMPIRAN.pdf - Submitted Version

Download (2MB)

Abstract

Pariwisata nasional terus menunjukkan peningkatan dan telah menjadi sektor ekonomi yang berkembang pesat. Industri pariwisata merupakan sektor yang berperan penting dalam mendorong pembangunan ekonomi negara. Perkembangan
sektor pariwisata juga menjadi aspek penting bagi Kabupaten Purworejo. Kabupaten Purworejo terletak di daerah pesisir Selatan Provinsi Jawa Tengah. Pantai Dewa Ruci merupakan destinasi wisata unggulan di Kabupaten Purworejo, tetapi berdasarkan data jumlah kunjungan wisatawan Pantai Dewa Ruci, diketahui terdapat fluktuasi jumlah kunjungan wisatawan dari tahun 2016 sampai dengan
tahun 2022.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh destination image dan
service quality terhadap revisit intention melalui electronic word of mouth pada
objek wisata Pantai Dewa Ruci Kabupaten Purworejo. Jenis penelitian yang
digunakan adalah explanatory research dengan jumlah sampel yang digunakan
adalah 100 responden yang merupakan pengunjung Pantai Dewa Ruci Kabupaten
Purworejo dengan kriteria tertentu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
adalah nonprobability sampling dengan menggunakan criteria sampling. Dalam
penelitian ini, teknik analisis data kuantitatif akan dihitung menggunakan analisis
SEM-PLS dengan software SmartPLS 4.0.
Hasil pengujian menunjukkan semua hipotesis penelitian diterima.
Destination image dan service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap
electronic word of mouth; electronic word of mouth berpengaruh positif dan
signifikan terhadap revisit intention; destination image dan service quality
berpengaruh positif dan signifikan terhadap revisit intention; destination image dan
service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap revisit intention melalui
electronic word of mouth. Saran yang dapat diberikan peneliti adalah memperbaiki
aspek terkait destination image, meningkatkan service quality, dan meninjau ulasan
negatif yang beredar agar dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan pada
Pantai Dewa Ruci.
Kata Kunci: Destination Image; Service Quality; Electronic Word of Mouth;
Revisit Intention

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 01 Apr 2024 04:27
Last Modified: 01 Apr 2024 04:27
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22316

Actions (login required)

View Item View Item