Search for collections on Undip Repository

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi pada Konsumen Pengguna Go-Jek di Kota Semarang)

Aferi, Duvan Agung (2024) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi pada Konsumen Pengguna Go-Jek di Kota Semarang). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
1. Cover.pdf - Submitted Version

Download (866kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
3. BAB II.pdf - Submitted Version

Download (522kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (994kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (257kB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (358kB)
[img] Text
7. LAMPIRAN.pdf - Submitted Version

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pelayanan Go-Jek yang belum
maksimal, hal ini diketahui masih banyaknya keluhan pelanggan. Keluhan yang
banyak diulas diantaranya aplikasi sering error, driver sering salah menentukan titik
lokasi jemput, keluhan pesanan tidak bisa dibatalkan, pesanan semakin lama, harga
makanan mahal, dan komunikasi melalui aplikasi tidak jelas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan,
harga, dan promosi agar tercapainya kepuasan kosumen yang menggunakan
aplikasi Go-jek. Tipe penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi yang
digunakan dalam penelitian ini adalah masyarakat semua umur yang menggunakan
jasa transportasi Go-jek di Semarang. Data yang digunakan pada penelitian ini
adalah data primer dan data sekunder. Sampel yang digunakan adalah konsumen
pengguna Go-jek Semarang yang berjumlah 105 konsumen. Penentuan sampel ini
menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data menggunakan
kuesioner yang disebarkan langsung kepada konsumen. Penelitian ini
menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif berdasarkan olah data statistik
deskriptif, uji instrument, uji asumsi klasik, uji F, koefisien determinasi, uji
hipotesis, dan regresi linear berganda. Pengolahan data menggunakan software
computer yaitu Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 23.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh
positif terhadap kepuasan konsumen Go-jek Semarang. Harga berpengaruh positif
terhadap kepuasan konsumen Go-jek Semarang. Promosi berpengaruh positif
terhadap kepuasan konsumen Go-jek Semarang. Serta terdapat pengaruh kualitas
pelayanan, harga dan promosi terhadap kepuasan konsumen pada bisnis
transportasi Go-jek di Semarang.
Berdasarkan hasil olah data, maka untuk meningkatkan kualitas pelayanan
disarankan untuk melakukan peningkatan kualitas pelayanan dengan cara
memberikan pelatihan yang berkesinambungan bagi mitra pengemudi dan
perbaikan pada aplikasi dan infrastruktur teknologi dapat meningkatkan kualitas
layanan secara keseluruhan. Untuk meningkatkan harga disarankan untuk
melakukan evaluasi terhadap struktur tarif dan penawaran promosi dengan cara
menyediakan opsi tarif yang lebih fleksibel, diskon berkala, atau program loyalitas
yang dapat memberikan reward kepada konsumen. Untuk meningkatkan promosi
disarankan untuk memperkuat strategi promosi dengan cara meningkatkan
kampanye promosi, memberikan penawaran khusus, atau menghadirkan program
insentif bagi pengguna yang aktif.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, Kepuasan Konsumen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 01 Apr 2024 03:24
Last Modified: 01 Apr 2024 03:24
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22303

Actions (login required)

View Item View Item