Search for collections on Undip Repository

Strategi Konvergensi Media RRI Semarang dalam Mempertahankan Eksistensi RRI Semarang di Era Digital (Studi Kasus Pelaksanaan Konvergensi Media pada Radio Republik Indonesia Semarang)

Maghriza, Mukhammad Faizal (2024) Strategi Konvergensi Media RRI Semarang dalam Mempertahankan Eksistensi RRI Semarang di Era Digital (Studi Kasus Pelaksanaan Konvergensi Media pada Radio Republik Indonesia Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
1. Cover Skripsi - Mukhammad Faizal Maghriza.pdf - Submitted Version

Download (721kB)
[img] Text
2. BAB I - Mukhammad Faizal Maghriza.pdf - Submitted Version

Download (616kB)
[img] Text
3. BAB II - Mukhammad Faizal Maghriza.pdf - Submitted Version

Download (188kB)
[img] Text
4. BAB III - Mukhammad Faizal Maghriza.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB IV - Mukhammad Faizal Maghriza.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
6. BAB V - Mukhammad Faizal Maghriza.pdf - Submitted Version

Download (73kB)
[img] Text
7. Daftar Pustaka - Mukhammad Faizal Maghriza.pdf - Submitted Version

Download (65kB)
[img] Text
8. Lampiran - Mukhammad Faizal Maghriza.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (728kB)

Abstract

Konvergensi media dimaknai sebagai penggabungan berbagai layanan teknologi informasi dan komunikasi, seiring dengan digitalisasi yang semakin meningkat membuat orang-orang dapat mengakses berbagai jenis konten media, membuat organisasi media menghasilkan konten yang dapat dinikmati secara lintas media. Di sisi lain, pengguna internet yang terus meningkat dan perhatian orang terhadap media konvensional khususnya radio mengalami penurunan yang membuat industri radio mulai mengalami penurunan. Dibutuhkan strategi untuk radio tetap bisa didengar, yaitu dengan melakukan konvergensi media.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi proses konvergensi media yang dilakukan oleh Radio Republik Indonesia Semarang untuk mempertahankan eksistensinya dalam era digital. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Konvergensi Media, sedangkan metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif lewat pendekatan studi kasus, dengan melakukan wawancara dan observasi di lingkungan RRI Semarang yang terlibat dan terkait dalam proses pelaksanaan konvergensi media.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa RRI Semarang memandang konvergensi media cukup penting dilaksanakan dalam posisinya sebagai Lembaga Penyiaran Publik dan media rujukan yang perlu mengantisipasi perubahan pola konsumsi informasi di masyarakat. Hal tersebut dilakukan melalui berbagai platform yang dimiliki seperti RRI Digital, laman RRI.co.id, kanal RRI NET, media sosial masing-masing programa dan pemberitaan, serta kanal Youtube. Perencanaan dilakukan pada bidang siaran dan pemberitaan, dengan berpedoman pada Buku Pedoman Siaran LPP RRI dan Buku Gaya Pemberitaan. Strategi teknis konvergensi mengacu pada pemahaman terhadap arah konvergensi, pemosisian sebagai media verifikator, mengikuti arus konvergensi, memperkuat sektor teknis dan multimedia, penyesuaian konten, serta membangun interaktifitas. Strategi promosi mengacu pada penggunaan soft-selling lewat promosi di akun pribadi dan hard-selling lewat promosi on air dan off air. Hal tersebut berimplikasi pada pencapaian secara analitik dan kualitas, meskipun masih memiliki kekurangan.
Kata kunci : Konvergensi Media, Digital, RRI, Eksistensi Media

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 28 Mar 2024 04:21
Last Modified: 28 Mar 2024 04:21
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22211

Actions (login required)

View Item View Item