Search for collections on Undip Repository

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NORMAL IMPULSE BUYING KONSUMEN GENERASI Z

DINDALILA, Deariztria (2023) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NORMAL IMPULSE BUYING KONSUMEN GENERASI Z. Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[img] Text (Cover)
1._S___Cover___12020219140137.pdf - Published Version

Download (246kB)
[img] Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12020219140137.pdf - Published Version

Download (208kB)
[img] Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12020219140137.pdf - Published Version

Download (209kB)
[img] Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12020219140137.pdf - Published Version

Download (292kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12020219140137.pdf - Published Version

Download (299kB)
[img] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12020219140137.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Saat ini pola belanja masyarakat menjadi berubah dari konvensional
menjadi modern. Karenanya nilai transaksi e-commerce Indonesia meningkat dari
tahun ke tahun. Sebanyak 52,3% konsumen tertarik melakukan transaksi online
karena adanya program flash sale di e-commerce, adanya preferensi tersebut
menjadi peluang pasar online untuk merangsang pembelian impulsif. Sebanyak
50% pembelian online diklasifikasikan sebagai impulse buying dan sebanyak 85%
transaksi dilakukan konsumen dengan rentang usia 18-35 tahun.
Terdapat konsekuensi dari perilaku pembelian impulsif yang dilakukan
secara terus menerus yaitu akan menyebabkan hal-hal yang tidak menguntungkan
dan sifat negatif. Namun telah ditemukan bahwa makna perilaku impulse buying ini
sangat luas dan tidak jelas. Terdapat pembelian impulsif yang dapat diterima dalam
nilai Islam, seperti suggestion impulse buying, reminder impulse buying, dan
planned impulse buying. Penelitian ini berusaha menganalisis keputusan konsumen
generasi z untuk melakukan normal impulse buying, dengan melihat faktor-faktor
seperti scarcity message, price discount, dan product information. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis Structural Equation
Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) menggunakan aplikasi SmartPLS 3.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa scarcity message, price discount,
dan product information memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap arousal
dan attitude toward flash sale. Namun terdapat hasil berbeda dalam respons yang
diberikan konsumen mengenai keputusan pembelian dengan batasan normal
impulse buying. Arousal tidak terbukti dapat memediasi stimulus terhadap respons
normal impulse buying. Dapat disimpulkan konsumen generasi Z dalam penelitian
ini paham akan nilai konsumsi Islam yang dapat mengontrol gairah untuk
melakukan impulse buying.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Impulse Buying, Normal Impulse Buying, Flash Sale, Stimulus Organism Response Theory
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Islamic Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Islamic Economics
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 27 Mar 2024 07:34
Last Modified: 27 Mar 2024 07:34
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22171

Actions (login required)

View Item View Item