Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Peer Education Terhadap Pelaksanaan Komunikasi Perawat Dalam Identifikasi Pasien di Rumah Sakit

Kartika Sari, Novianti Cesar and Dwiantoro, Luky and Sujianto, Untung (2024) Pengaruh Peer Education Terhadap Pelaksanaan Komunikasi Perawat Dalam Identifikasi Pasien di Rumah Sakit. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
22020122410001-Novianti Cesar Kartika Sari-Hal. Depan.pdf

Download (977kB)
[img] Text
22020122410001-Novianti Cesar Kartika Sari-BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[img] Text
22020122410001-Novianti Cesar Kartika Sari-BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (907kB)
[img] Text
22020122410001-Novianti Cesar Kartika Sari-BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB)
[img] Text
22020122410001-Novianti Cesar Kartika Sari-BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB)
[img] Text
22020122410001-Novianti Cesar Kartika Sari-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB)
[img] Text
22020122410001-Novianti Cesar Kartika Sari-BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)
[img] Text
22020122410001-Novianti Cesar Kartika Sari-Daftar Pustaka.pdf

Download (293kB)
[img] Text
22020122410001-Novianti Cesar Kartika Sari-Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Identifikasi pasien dapat menyebabkan sentinel atau KTD bagi pasien. Kemampuan komunikasi perawat dalam identifikasi pasien masih rendah. Peer education menjadi upaya terbaik dalam meningkatkan kemampuan komunikasi perawat dalam identifikasi pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peer education terhadap pelaksanaan komunikasi perawat dalam identifikasi pasien di rumah sakit. Metode yang digunakan adalah pre-post-test quasi-experimental design with control group. Total Sampel sebanyak 50 perawat pelaksana yang diambil dengan total sampling. Data dikumpulkan dengan lembar observasi pelaksanaan peer education kepala ruang dan ketua tim jaga perawat ruangan dan lembar observasi pelaksanaan komunikasi perawat dalam identifikasi perawat dalam identifikasi pasien. Analisis data menggunakan uji beda mann whitney. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan nilai rata-rata pelaksanaan komunikasi perawat dalam identifikasi pasien sebelum dan sesudah dilakukan peer education kepala ruang atau ketua tim pada kelompok intervensi & kelompok kontrol dengan nilai p-value = 0.000 yang artinya ada pengaruh peer education kepala ruang terhadap pelaksanaan komunikasi perawat dalam identifikasi pasien. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah peer education berpengaruh terhadap pelaksanaan komunikasi perawat dalam identifikasi pasien di Rumah Sakit. Peer education sebaiknya dilakukan secara terus menerus dan konsisten di setiap ruangan, dikarenakan hal ini dapat meningkatkan keselamatan pasien dan berdampak pada kualitas serta mutu pelayanan di Rumah Sakit.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nursing
Depositing User: S.Hum Bekti Iskandar
Date Deposited: 27 Mar 2024 01:45
Last Modified: 27 Mar 2024 01:45
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22118

Actions (login required)

View Item View Item