Search for collections on Undip Repository

INOVASI APLIKASI "LUNPIA" DALAM PELAYANAN PARIWISATA KOTA SEMARANG

Kusuma, Fauzan (2024) INOVASI APLIKASI "LUNPIA" DALAM PELAYANAN PARIWISATA KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (645kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (704kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (939kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (791kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Submitted Version

Download (591kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (487kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Di era globalisasi seperti saat ini, pemerintah daerah dituntut untuk mewujudkan inovasi pelayanan publik yang lebih efektif dan efisien. Untuk mewujudkan hal tersebut, pemerintah berinovasi dengan mengadopsi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam memberikan pelayanan publik yang disebut sebagai E-Government. Sektor pariwisata merupakan salah satu isu strategis dalam upaya inovasi E-Government pemerintah daerah. Salah satu wujud E-Government pada pelayanan pariwisata daerah adalah Aplikasi Lunpia. Aplikasi Lunpia yang bertujuan untuk memberi kemudahan bagi wisatawan domestik maupun mancanegara yang akan berwisata di Kota Semarang. Sebelum Aplikasi Lunpia diluncurkan, terdapat Aplikasi Pariwisata Wis Semar yang diluncurkan pada tahun 2019. Akan tetapi, Aplikasi Wis Semar belum bisa menjadi media pelayanan pariwisata Kota Semarang. Oleh karena itu, Aplikasi Lunpia saat ini menjadi inovasi dari Aplikasi Wis Semar dalam hal pelayanan pariwisata. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis inovasi Aplikasi Lunpia dalam Pelayanan Pariwisata di Kota Semarang. Inovasi Aplikasi Lunpia diukur dengan 5 karakteristik inovasi menurut Everett Rogers yaitu Relative Advantage, Compability, Complexity, Trialability, dan Observability. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, serta studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi Aplikasi Lunpia belum sepenuhnya terlaksana dengan baik di masyarakat maupun pengelola pariwisata. Aplikasi Lunpia sudah mempertimbangkan indikator Relative Advantage dengan memenuhi subindikator mulai dari nilai kebaruan, nilai tambah, sistem sosial, efisiensi biaya dan tenaga, serta efektivitas waktu dalam hal pelayanan pariwisata. Indikator Compability belum terlaksana sebab belum sesuainya komunikasi serta representasi pemerintah kepada masyarakat. Dalam hal kompleksitas, Aplikasi Lunpia berhasil mencapai prinsip kompleksitas-kesederhanaan. Dalam hal uji coba, Pemerintah Kota Semarang melalui Disbudpar telah melakukan ujicoba secara komprehensif di masyarakat dan sesuai dengan sistem sosial yang ada. Dalam hal kemampuan untuk diobservasi Aplikasi Lunpia sudah memenuhi indikator tersebut dalam konteks perangkat keras maupun perangkat lunak. Selain itu, terdapat beberapa hambatan dari internal maupun eksternal Aplikasi Lunpia seperti faktor sumber daya manusia Disbudpar, informasi dan instruksi yang belum jelas, faktor sumber daya manusia pengguna, serta sosialisasi yang belum masif. Inovasi Aplikasi Lunpia kurang memperhatikan indikator Compability sebab Pemerintah Kota Semarang maupun Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang kurang memperhatikan kesesuaian terhadap komunikasi pemerintah dengan pihak lain karena memfokuskan komunikasi dalam Aplikasi Lunpia secara tidak langsung. Selain itu, masyarakat belum merasakan kesesuaian representasi pemerintah karena sosialisasi Aplikasi Lunpia yang belum masif di masyarakat. Oleh karena itu, disarankan bagi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang melakukan update layanan pengaduan secara langsung serta mensosialisasikan Aplikasi Lunpia lebih masif.

Kata kunci: Inovasi, Aplikasi Lunpia, Pengelola Pariwisata, Masyarakat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 25 Mar 2024 04:45
Last Modified: 25 Mar 2024 04:45
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22025

Actions (login required)

View Item View Item