Rahmawati, Astri (2024) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA NASABAH PENGGUNA TABUNGAN EMAS PT PEGADAIAN CABANG BLORA). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
![]() |
Text
COVER ASTRI.PDF - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (861kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (275kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (488kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (181kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Persaingan bisnis penyedia jasa investasi emas di Indonesia belakangan ini
semakin ketat dengan hadirnya banyak perusahaan yang menyediakan produk
investasi dengan keunggulan dan keunikan tersendiri. PT Pegadaian Cabang Blora
bergerak sebagai penyedia jasa investasi emas melaui produk tabungan emas.
Namun ditahun 2022 produk tabungan emas mengalami penurunan penjualan dan
penurunan nasabah. Adanya penurunan tersebut disebabkan karena turunnya
loyalitas pelanggan oleh nasabah tabungan emas. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh kualitas produk dan promosi penjualan terhadap loyalitas
pelanggan melalui kepuasan pelanggan pada nasabah tabungan emas PT Pegadaian
Cabang Blora. Tipe penelitian ini adalah explanatory research dengan jumlah
sampel sebanyak 95 responden yang merupakan nasabah pengguna tabungan emas
PT Pegadaian Cabang Blora. Teknik pengambilan sampel menggunakan non
probability sampling dengan metode purposive sampling. Metode analisis data
menggunakan softwere SmartPLS 4.0 for Windows. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa kualitas produk dan promosi penjualan melalui kepuasan
pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Saran yang diberikan kepada
PT Pegadaian Cabang Blora terhadap masing – masing aspek antara lain pada aspek
kualitas produk, seperti mempercepat proses verifikasi upgrade premium akun dan
penggantian nomor telepon baru nasabah. Pada aspek promosi penjualan,
diperlukan adanya peningkatan frekuensi promosi penjualan agar semua nasabah
dapat menerima manfaat tersebut. Pada aspek kepuasan pelanggan, PT Pegadain
Cabang Blora perlu meningkatkan kembali kualitas produk tabungan emas, dengan
mengoptimalkan fitur produk tabungan emas, sehingga meningkatkan loyalitas
nasabah tabungan emas pada PT Pegadaian Cabang Blora.
Kata kunci: kualitas produk; promosi penjualan; kepuasan pelanggan; loyalitas
pelanggan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 25 Mar 2024 02:55 |
Last Modified: | 31 May 2024 02:43 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22013 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |