Search for collections on Undip Repository

PENGARUH EKSPEKTASI KINERJA, COMPUTER ATTITUDE, DAN NIAT MENGGUNAKAN APLIKASI TERHADAP PENGGUNAAN AKTUAL SRIKANDI (Studi Kasus Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi Pada Organisasi Perangkat Daerah Kota Surakarta)

Fastyaningsih, Aridyah (2024) PENGARUH EKSPEKTASI KINERJA, COMPUTER ATTITUDE, DAN NIAT MENGGUNAKAN APLIKASI TERHADAP PENGGUNAAN AKTUAL SRIKANDI (Studi Kasus Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi Pada Organisasi Perangkat Daerah Kota Surakarta). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (624kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (623kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (731kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kearsipan dan kegiatan surat menyurat menjadi kegiatan administrasi kantor yang menerima dampak dari perkembangan teknologi di lingkungan pemerintahan. Upaya mewujudkan penyelenggaraan sistem kearsipan nasional dilakukan oleh lembaga kearsipan nasional atau ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia) dengan menghadirkan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi atau disingkat SRIKANDI. Salah satu pemerintah daerah yang telah mengadaptasi penggunaan aplikasi SRIKANDI adalah Pemerintah Kota Surakarta. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui pengaruh ekspektasi kinerja, computer attitude, dan niat menggunakan dalam penggunaan aktual aplikasi SRIKANDI di Organisasi Perangkat Daerah Kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner offline yang terdiri dari 31 item pertanyaan dengan 4 alternatif jawaban. Populasi pada penelitian ini adalah jumlah seluruh akun SRIKANDI pada OPD Kota Surakarta yang berjumlah 4410 akun. Penentuan sampel menggunakan teknik sampel kuota, dimana setiap OPD mewakilkan 3 sampel dan jumlah sampel keseluruhan adalah 105 sampel. Analisis data dilakukan dengan menggunakan software SmartPLS versi 3.2.9 dan metode penelitian yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM). Hasil analisis menunjukkan bahwa ekspektasi kinerja berpengaruh terhadap niat menggunakan dan penggunaan aktual, computer attitude berpengaruh terhadap niat menggunakan tetapi tidak berpengaruh terhadap penggunaan aktual, dan niat berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap penggunaan aktual. Upaya yang dapat dilakukan oleh Pemerintah Kota Surakarta untuk meningkatkan penggunaan aktual aplikasi SRIKANDI adalah dengan memberikan bimbingan teknis untuk optimalisasi penggunaan seluruh fitur SRIKANDI oleh pengguna. Kata kunci: ekspektasi kinerja, computer attitude, niat menggunakan, penggunaan aktual, aplikasi SRIKANDI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 21 Mar 2024 04:54
Last Modified: 31 May 2024 01:26
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21943

Actions (login required)

View Item View Item