Search for collections on Undip Repository

ANALISIS SWITCHING BEHAVIOR NASABAH MUSLIM DARI BANK KONVENSIONAL KE BANK SYARIAH (Studi Pada Nasabah Bank Syariah Indonesia Kota Semarang)

ZULFIKAR, Muhammad Refki (2023) ANALISIS SWITCHING BEHAVIOR NASABAH MUSLIM DARI BANK KONVENSIONAL KE BANK SYARIAH (Studi Pada Nasabah Bank Syariah Indonesia Kota Semarang). Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[img] Text (Cover)
1._S___Cover___12020219140111.pdf - Published Version

Download (270kB)
[img] Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12020219140111.pdf - Published Version

Download (209kB)
[img] Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12020219140111.pdf - Published Version

Download (209kB)
[img] Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12020219140111.pdf - Published Version

Download (321kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12020219140111.pdf - Published Version

Download (363kB)
[img] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12020219140111.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis perilaku beralih pada nasabah muslim dari bank
konvensional ke bank syariah. Analisis dilakukan karena perbankan syariah di
Indonesia memiliki potensi market share yang tinggi mengingat mayoritas penduduk
Indonesia beragama muslim. Pertumbuhan bisnis bank syariah selama enam tahun
terakhir lebih tinggi dibandingkan bank konvensional tetapi tidak diikuti
pertumbuhan market share pada bank syariah. Penelitian ini menggunakan variabel
Customer Satisfaction, Alternative Attraectiveness, Subjective Norm, dan Religiosity
terhadap Switching Behavior melalui Switching Intention dengan pendekatan teori
push, pull, dan mooring. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis kuantitatif
dengan metode analisis SEM (Structural Equation Modelling). Teknik pengambilan
sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling dengan
mengambil sampel sebanyak 110 responden nasabah Bank Syariah Indonesia Kota
Semarang. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner melalui platform google
form dan dianalisis menggunakan Smart-PLS 3.2.9.
Hasil Penelitian menunjukkan Customer Satisfaction dan Subjective Norm
tidak berpengaruh terhadap Switching Intention pada nasabah Bank Syariah
Indonesia Kota Semarang. Alternative Attractiveness dan Religiosity berpengaruh
positif dan signifikan terhadap Switching Intention pada nasabah Bank Syariah
Indonesia Kota Semarang. Switching Intention berpengaruh positif terhadap
Switching Behavior. Customer Satisfaction dan Subjective Norm tidak berpengaruh
terhadap Switching Behavior melalui Switching Intention pada nasabah Bank Syariah
Indonesia Kota Semarang. Alternative Attractiveness dan Religiosity berpengaruh
positif dan signifikan terhadap Switching Behavior melalui Switching Intention pada
nasabah Bank Syariah Indonesia Kota Semarang. Dengan temuan ini diharapkan
bank syariah dapat merumuskan strategi pemasaran yang tepat untuk dapat bersaing
ketat dengan bank konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Customer Satisfaction, Alternative Attractiveness, Subjective Norms, Religiosity, Switching Intention, Switching Behavior.
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Islamic Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Islamic Economics
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 19 Mar 2024 07:43
Last Modified: 13 May 2024 03:12
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21880

Actions (login required)

View Item View Item