Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN KONFLIK PERAN GANDA DAN BEBAN KERJA MENTAL DENGAN KELELAHAN KERJA SUBJEKTIF PADA PEGAWAI WANITA DINAS P3AP2KB KABUPATEN SLEMAN

PARAMARTHA, MARISKA NUR (2024) HUBUNGAN KONFLIK PERAN GANDA DAN BEBAN KERJA MENTAL DENGAN KELELAHAN KERJA SUBJEKTIF PADA PEGAWAI WANITA DINAS P3AP2KB KABUPATEN SLEMAN. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO MARISKA.pdf - Published Version

Download (365kB)

Abstract

Kelelahan kerja subjektif merupakan perasaan terhadap kelelahan yang dirasakan oleh setiap pekerja. Gejala kelelahan kerja meliputi pelemahan kegiatan, pelemahan motivasi, dan kelelahan fisik. Kelelahan kerja dapat disebabkan oleh beberapa faktor baik internal maupun eksternal. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara konflik peran ganda dan beban kerja mental dengan kelelahan kerja subjektif pada pegawai wanita Dinas P3AP2KB Kabupaten Sleman. Jenis penelitian adalah studi kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian adalah seluruh pegawai wanita Dinas P3AP2KB Kabupaten Sleman yang berjumlah 40 orang. Sampel ditentukan dengan teknik total sampling sehingga responden berjumlah 40 orang. Hasil analisis bivariat dengan Uji Rank Spearman menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara beban kerja mental dengan kelelahan kerja subjektif dengan nilai p-value sebesar 0,0001 (p < 0,05), serta tidak terdapat hubungan antara konflik peran ganda dengan kelelahan kerja subjektif dengan nilai p-value sebesar 0,592 (p > 0,05).

Kata kunci : Kelelahan kerja subjektif, konflik peran ganda, beban kerja mental

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 18 Mar 2024 07:22
Last Modified: 18 Mar 2024 07:22
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21833

Actions (login required)

View Item View Item