Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN USIA DAN MASA KERJA DENGAN KELELAHAN KERJA PADA OPERATIONAL HEAD TRUCK PT PELABUHAN INDONESIA (PERSERO) KOTA SEMARANG

TANIA, FEBIANA (2024) HUBUNGAN USIA DAN MASA KERJA DENGAN KELELAHAN KERJA PADA OPERATIONAL HEAD TRUCK PT PELABUHAN INDONESIA (PERSERO) KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO FEBIANA.pdf - Published Version

Download (317kB)

Abstract

Kelelahan adalah proses menurunnya kekuatan atau ketahanan fisik untuk melakukan pekerjaan. Truk kontainer atau head truck merupakan transportasi untuk menunjang aktivitas bongkar muat di pelabuhan dan dikendalikan operational head truck untuk mengangkut petikemas dari dermaga ke container yard atau sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan usia dan masa kerja dengan kelelahan kerja pada operational head truck PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode observasional analitik menggunakan pendekatan cross-sectional. Sampel pada penelitian ini berjumlah 34 orang yang diperoleh dari teknik total sampling. Proses pengambilan data dilakukan melalui angket Swedish Occupational Fatigue Inventory. Analisis statistik yang digunakan meliputi analisis univariat dan analisis bivariat dengan uji chi-square. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan sebanyak 70,6% pekerja masuk dalam kategori usia dewasa awal, sebanyak 52,9% pekerja dengan masa kerja baru, dan sebanyak 76,5% pekerja mengalami kelelahan kerja ringan. Dari hasil uji chi-square diperoleh hubungan usia dengan kelelahan kerja adalah 0,003 dan hubungan masa kerja dengan kelelahan kerja adalah 0,693. Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan usia dengan kelelahan kerja dan tidak ada hubungan masa kerja dengan kelelahan kerja.
Kata kunci : Usia, Masa Kerja, Kelelahan Kerja, Operational Head Truck

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 18 Mar 2024 03:01
Last Modified: 18 Mar 2024 03:01
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21810

Actions (login required)

View Item View Item