Search for collections on Undip Repository

FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA PENDERITA USIA PRODUKTIF DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SINGANDARU KOTA SERANG, BANTEN

DWITADANI, FATHIA (2024) FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA PENDERITA USIA PRODUKTIF DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SINGANDARU KOTA SERANG, BANTEN. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO FATHIA.pdf - Published Version

Download (440kB)

Abstract

Latar belakang: Hipertensi atau yang biasa disebut sebagai “Silent Killer” hingga saat ini masih menjadi kondisi medis yang cukup serius karena dapat menyebabkan kematian prematur di dunia. Pada tahun 2022, kasus hipertensi di Kota Serang mencapai 73.520 kasus. Kasus kejadian hipertensi pada penduduk berusia >15 tahun di Puskesmas Singandaru menduduki posisi tertinggi di Kota Serang selama rentang waktu Januari - Juli 2023. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian hipertensi pada penderita usia produktif di wilayah kerja Puskesmas Singandaru Kota Serang, Banten.
Metode: Penelitian ini dilakukan dengan metode observasional analitik menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi studi pada penelitian ini yaitu penduduk yang bertempat tinggal di wilayah kerja Puskesmas Singandaru Kota Serang. Pada penelitian ini didapati sampel berjumlah 156 responden pengunjung Puskesmas Singandaru yang berusia 15-56 tahun dan diambil menggunakan teknik consecutive sampling. Sampel terdiri dari 78 orang penderita hipertensi dan 78 orang yang tidak penderita hipertensi.
Hasil: Hasil yang didapat menggunakan analisis uji statistik chi square menunjukkan nilai signifikansi jenis kelamin (p-value = 0,150), riwayat hipertensi keluarga (p-value = 0,074), obesitas (p-value = 0,000), kualitas tidur (p-value = 0,000), tingkat stress (p-value = 0,006), dan tingkat aktivitas fisik (p-value = 0,002) dengan kejadian hipertensi.
Simpulan: Adanya penelitian ini memberikan simpulan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara obesitas, kualitas tidur, tingkat stress, dan tingkat aktivitas dengan kejadian hipertensi pada penderita usia produktif di wilayah kerja Puskesmas Singandaru. Sedangkan variabel jenis kelamin dan riwayat hipertensi keluarga tidak memiliki hubungan dengan kejadian hipertensi.

Kata kunci : Kejadian Hipertensi, Usia Produktif, Faktor Risiko

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 13 Mar 2024 07:15
Last Modified: 13 Mar 2024 07:15
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21739

Actions (login required)

View Item View Item