Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN USIA DAN KEKUATAN OTOT TANGAN DENGAN KELUHAN MUSCULOSKELETAL PADA TANGAN DI PROSES PRODUKSI PUPUK SECARA TEAM MANUAL HANDLING DI PT X

PRATIWI, ALIFAH INAS (2024) HUBUNGAN USIA DAN KEKUATAN OTOT TANGAN DENGAN KELUHAN MUSCULOSKELETAL PADA TANGAN DI PROSES PRODUKSI PUPUK SECARA TEAM MANUAL HANDLING DI PT X. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO ALIFAH.pdf - Published Version

Download (495kB)

Abstract

Keluhan Musculoskeletal adalah keluhan pada otot skeletal diakibatkan oleh beban statis yang diterima otot secara repetitive dalam waktu lama. Faktor mempengaruhi keluhan Musculoskeletal salah satunya adalah faktor individu seperti usia, masa kerja , kekuatan fisik dan lainnya. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis hubungan usia dan kekuatan otot tangan dengan keluhan musculoskeletal pada tangan pada proses produksi pupuk secara team manual handling khususnya pada pekerja pemindah karung pupuk di PT X. Jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan observasional analitik dengan desain penelitian cross sectional. Variabel penelitian ini adalah usia, kekuatan otot tangan dan keluhan musculoskeletal pada tangan. Teknik pengambilan dilakukan dengan rumus sampel minimal Rumus Slovin didapatkan sampel 40 pekerja dari total pekerja 69 pekerja. Usia diukur menggunakan kuesioner, kekuatan otot tangan diukur menggunakan alat Hand Dynamometer dan Keluhan Musculoskeletal diukur dengan kuesioner adaptasi Nordic Body Map. Penelitian ini menunjukkan 62,5% responden mengalami keluhan musculoskeletal pada tangan, 60,0% responden dalam kategori usia <35 tahun, 62,5% responden memiliki kekuatan otot sedang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kekuatan otot tangan dengan keluhan musculoskeletal pada tangan (p=0,046) dan tidak terdapat hubungan pada usia dengan keluhan musculoskeletal pada tangan (p=0,182) pada pekerja pemindah karung pupuk di PT X.
Kata Kunci : Usia, Kekuatan Otot Tangan, Keluhan Musculoskeletal pada Tangan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 01 Mar 2024 06:46
Last Modified: 01 Mar 2024 06:46
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21515

Actions (login required)

View Item View Item