Search for collections on Undip Repository

PERAN ORIENTASI BANGUNAN TERHADAP INTENSITAS CAHAYA DAN PERSEPSI PENGGUNA TERHADAP KONDISI TERANG RUANGAN (STUDI KASUS RUANG KELAS SMK DEWANTARA SUMBANG)

RUSMAHARANI, DIYAH (2024) PERAN ORIENTASI BANGUNAN TERHADAP INTENSITAS CAHAYA DAN PERSEPSI PENGGUNA TERHADAP KONDISI TERANG RUANGAN (STUDI KASUS RUANG KELAS SMK DEWANTARA SUMBANG). Masters thesis, UNDIP.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version

Download (65kB)
[img] Text
Abstrak.pdf - Submitted Version

Download (34kB)
[img] Text
Lembar pengesahan Diyah R.pdf - Submitted Version

Download (505kB)
[img] Text
Bab I.pdf - Submitted Version

Download (141kB)
[img] Text
Bab 2.pdf - Submitted Version

Download (6MB)
[img] Text
Bab 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] Text
Bab 5.pdf - Submitted Version

Download (8MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (43kB)

Abstract

Ruang kelas merupakan kebutuhan paling krusial sebagai tempat belajar bagi siswa. Butuh jangka waktu yang lama untuk berada di dalam ruang kelas sehingga diperlukan kenyaman ruang bagi siswa. Kualitas penerangan yang baik dan sesuai standar SNI 03-2396 Tahun 2019 dengan intensitas minimum 250 lux. Penelitian ini dilakukan dengan objek penelitian ruang kelas SMK Dewantara yang berada di lantai dua dan tiga , pada orientasi timur, barat dan utara. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui kelas orientasi mana yang paling baik dengan membandingkannya
dengan persepsi siswa mengenai kondisi penerangan ruang kelas yang dijadikan sampel penelitian. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengambilan data yang digunakan adalah
dengan metode pengukuran, dokumentasi, dan penyebaran kuisioner. Pengolahan data menggunakan grafik dan tabel untuk mengukur laju intensitas di masing-masing orientasi setiap jam pengukuran. Hasil analisis pengukuran intensitas cahaya
menunjukkan bahwa orientasi timur lebih dari orientasi barat, dan utara dan orientasi utara lebih baik dari orientasi barat. Sedangkan persepsi siswa menunjukkan bahwa ruang kelas timur mendapatkan penilaian terang dengan persentase lebih banyak dari orientasi lain, orientasi barat berada pada orientasi paling rendah.Secara keseluruhan hasil pengukuran pada intensitas cahaya menujukkan persentase yang tidak berbeda signifikan dengan persepsi pengguna ruang mengenai kondisi terang ruang kelas.

Kata Kunci : Orientasi, Intensitas Cahaya, Ruang Kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Engineering > Architecture Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Master Program in Architecture
Depositing User: Magister Arsitektur
Date Deposited: 28 Feb 2024 02:48
Last Modified: 28 Feb 2024 02:48
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21454

Actions (login required)

View Item View Item