Search for collections on Undip Repository

UPAYA STRATEGI GASTRODIPLOMASI KOREA SELATAN KEPADA INDONESIA MENGGUNAKAN KOREAN WAVE

Saphira, Talitha Amara Tyarani (2024) UPAYA STRATEGI GASTRODIPLOMASI KOREA SELATAN KEPADA INDONESIA MENGGUNAKAN KOREAN WAVE. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover Talitha.pdf - Submitted Version

Download (906kB)
[img] Text
bab I.pdf - Submitted Version

Download (455kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (959kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (762kB)
[img] Text
Bab IV.pdf - Submitted Version

Download (15kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (389kB)

Abstract

Korea Selatan berupaya untuk menjalin hubungan Kerjasama yang strategis dengan
Indonesia yang secara substansial saling menguntungkan. Gastrodiplomasi
merupakan bagian dari diplomasi budaya dengan sarana yang lebih spesifik yaitu
pangan yang berkaitan erat dengan nation-branding. Nation-branding didefinisikan
sebagai upaya terencana suatu negara untuk menghasilkan modal reputasi melalui
promosi, dalam hal ini Korea menggunakan Korean Wave. Korean Wave adalah salah
satu fenomena dimana menyebarnya budaya Korea Selatan secara global. Korean
Wave dalam hal kuliner menjadi bagian dari pentingnya soft power Korea Selatan ke
Indonesia. Pemerintah Korea Selatan melakukan strategi alternatif agar makanan dan
produknya dapat laku dipasaran Indonesia. Oleh karena itu, penulis mencoba
melakukan penelitian tentang upaya strategi gastrodiplomasi Korea Selatan kepada
Indonesia menggunakan Korean Wave dimana langkah yang diambil oleh pemerintah
Korea Selatan dalam menjalankan gastrodiplomasinya ke Indonesia adalah
melabelkan produk mereka dengan Halal yang didapatkan dari Korean Muslim
Foundation dan sudah terakreditasi oleh MUI dengan membentuk lembaga khusus
untuk mengawasi perkembangan produk asal Korea Selatan atau yang disebut dengan
Korean Agrofishries and Food Trade Coorporation, kemudian mengadakan festival
kebudayaan maupun makanan Korea Selatan pada waktu tertentu. Sehingga
penggunaan gastrodiplomasi yang dilakukan oleh Korea Selatan bertujuan agar
terjalinnya hubungan yang lebih erat dengan Indonesia dan supaya Masyarakat
Indonesia sendiri mengetahui kuliner asal Korea Selatan sebagai daya tarik
kebudayaannya.
Kata Kunci : Gastrodiplomasi, Korean Wave, Nation-branding

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of International Relations
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 26 Feb 2024 07:08
Last Modified: 26 Feb 2024 07:08
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21434

Actions (login required)

View Item View Item