Search for collections on Undip Repository

EFEKTIVITAS MAL PELAYANAN PUBLIK DALAM MELAKSANAKAN POLA PELAYANAN TERPADU DI KABUPATEN JEPARA

Septiana, Niken Putri Mia (2024) EFEKTIVITAS MAL PELAYANAN PUBLIK DALAM MELAKSANAKAN POLA PELAYANAN TERPADU DI KABUPATEN JEPARA. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[img] Text
BAB I .pdf - Submitted Version

Download (410kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (727kB)
[img] Text
BAB III .pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV .pdf - Submitted Version

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf - Submitted Version

Download (149kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (670kB)

Abstract

ABSTRAK
Mal Pelayanan Publik merupakan penyelenggaraan layanan yang menyediakan berbagai
jenis layanan publik dalam satu lokasi. MPP memiliki tujuan untuk memberikan kemudahan,
kecepatan, keterjangkauan, keamanan, dan kenyamanan kepada masyarakat dalam menerima
pelayanan publik, namun dalam penyelenggaraan MPP Kabupaten Jepara masih terdapat
beberapa permasalahan yang mengindikasikan kurang efektifnya MPP Kabupaten Jepara dalam
penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan di Kabupaten Jepara. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis efektivitas MPP dalam melaksanakan pola pelayanan terpadu di
Kabupaten Jepara serta faktor pendorong dan faktor penghambat efektivitas tersebut. Penelitian
ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui
observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta menggunakan analisis model Miles and
Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MPP Kabupaten Jepara dalam penyelenggaraan
pelayanan perizinan dan non perizinan terdapat indikator yang telah tercapai dan terdapat
indikator yang masih terdapat permasalahan. Hal ini berdasarkan indikator efektivitas organisasi
menurut Duncan yaitu pencapaian tujuan, integrasi, dan adaptasi. Sedangkan faktor pendorong
dan penghambat efektivitas tersebut dianalisis berdasarkan karakteristik yang menentukan
efektivitas organisasi menurut Steers yaitu karakteristik organisasi, lingkungan, dan pegawai,
serta kebijakan dan praktek manajemen. Saran yang diberikan adalah menentukan waktu yang
tepat untuk memperbaiki sistem pelayanan, penyesuaian regulasi SOP yang mengatur terkait
waktu perizinan dan non perizinan, melakukan sosialisasi tentang keberadaan MPP secara masif
baik langsung maupun melalui sosial media, memberikan identitas bangunan MPP, lebih
memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada seperti mesin antrian, serta menegaskan regulasi
khususnya kepada OPD-OPD teknis agar terwujud keterpaduan terkait penyelenggaraan MPP
Kabupaten Jepara.
Kata Kunci: Efektivitas, Pelayanan, Mal Pelayanan Publik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 21 Feb 2024 07:14
Last Modified: 31 May 2024 01:01
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21355

Actions (login required)

View Item View Item