Search for collections on Undip Repository

PENGARUH KEBOCORAN DATA (RANSOMWARE) DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA DI PROVINSI JAWA TENGAH

MA’RIFA, Habiba Shafira Fitri (2023) PENGARUH KEBOCORAN DATA (RANSOMWARE) DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA DI PROVINSI JAWA TENGAH. Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika & Bisnis.

[img] Text (Cover)
1. S - Cover - 12020219130107.pdf - Published Version

Download (310kB)
[img] Text (Abstrak (Inggris))
4. S - Abstrak (Inggris) - 12020219130107.pdf - Published Version

Download (285kB)
[img] Text (Abstrak (Indonesia))
5. S - Abstrak (Indonesia) - 12020219130107.pdf - Published Version

Download (284kB)
[img] Text (Daftar Isi)
6. S - Daftar Isi - 12020219130107.pdf - Published Version

Download (310kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
12. S - Daftar Pustaka - 12020219130107.pdf - Published Version

Download (372kB)
[img] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16. S - Fulltext PDF Bookmarks - 12020219130107.pdf

Download (3MB)

Abstract

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) telah menjadi salah satu korban dari kejahatan siber ransomware yang mengakibatkan kebocoran data pribadi milik nasabah yang ditandai dengan adanya gangguan layanan. Serangan hacker terhadap BSI tersebut tidak hanya menimbulkan kekhawatiran bagi nasabah, tetapi juga menimbulkan kerugian finansial dan reputasi bagi bank. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kebocoran data nasabah dan beberapa faktor lainnya terhadap loyalitas nasabah BSI. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa kuesioner. Populasi penelitian adalah nasabah BSI yang berdomisili di daerah Jawa Tengah dengan sampel sebanyak 100 orang. Data yang diperoleh akan diolah menggunakan metode analisis Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan perangkat lunak SmartPLS 4.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kebocoran data nasabah berpengaruh negatif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah, kualitas layanan dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah BSI, sedangkan variabel keamanan dan brand image tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah BSI. Hal ini membuktikan bahwa kebocoran data yang terjadi di BSI dapat menurunkan loyalitas nasabah karena mengakibatkan turunnya kepercayaan secara signifikan yang berdampak pada loyalitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kebocoran Data Nasabah, BSI, Loyalitas Nasabah
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Islamic Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Islamic Economics
Depositing User: Nila Nurjanah
Date Deposited: 26 Jan 2024 04:06
Last Modified: 29 Jan 2024 08:28
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20842

Actions (login required)

View Item View Item