Search for collections on Undip Repository

PENGARUH KESADARAN HALAL DAN LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN DAN MINUMAN DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI

RIFDAH, Salsabila Putri (2023) PENGARUH KESADARAN HALAL DAN LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN DAN MINUMAN DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika & Bisnis.

[img] Text (Cover)
1. S - Cover - 12020217140015.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (Abstrak (Inggris))
4. S - Abstrak (Inggris) - 12020217140015.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (Abstrak (Indonesia))
5. S - Abstrak (Indonesia) - 12020217140015.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (Daftar Isi)
6. S - Daftar Isi - 12020217140015.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
12. S - Daftar Pustaka - 12020217140015.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16. S - Fulltext PDF Bookmarks - 12020217140015.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Potensi pasar makanan dan minuman halal yang semakin berkembang beriringan dengan semakin beragamnya makanan dan minuman yang beredar. Namun beberapa diantaranya masih kurang informasi mengenai spesifikasi kehalalan produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran halal dan label halal sebagai variabel independen terhadap keputusan pembelian makanan dan minuman yang merupakan variabel dependen dengan religiusitas sebagai variabel moderasi.

Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini merupakan konsumen muslim yang pernah membeli makanan dan minuman halal di DKI Jakarta. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dan analisis regresi moderasi (MRA). Alat pengujian data menggunakan SPSS Statistics 29.

Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran halal berpengaruh positif dan siginifikan terhadap keputusan pembelian. Label halal tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan religiusitas tidak dapat memperkuat hubungan antara kesadaran halal dan label halal terhadap keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kesadaran halal, label halal, religiusitas, keputusan pembelian, variabel mode
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Islamic Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Islamic Economics
Depositing User: Nila Nurjanah
Date Deposited: 25 Jan 2024 05:00
Last Modified: 29 Jan 2024 08:19
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20779

Actions (login required)

View Item View Item