Search for collections on Undip Repository

Analisis Yuridis Tanggung Jawab Hukum Penyedia Aplikasi Gojek dan Mitra Gojek Atas Pelanggaran Yang Dilakukan Oleh Mitra Dalam Hal Tidak Diserahkannya Barang Milik Konsumen_271 DG 2023

Adriyan, Alfi and Prananingtyas, Paramita and Triyono, Triyono (2023) Analisis Yuridis Tanggung Jawab Hukum Penyedia Aplikasi Gojek dan Mitra Gojek Atas Pelanggaran Yang Dilakukan Oleh Mitra Dalam Hal Tidak Diserahkannya Barang Milik Konsumen_271 DG 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
SKRIPSI _ Alfi Adriyan_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI _ Alfi Adriyan_abstrak.pdf

Download (39kB)
[img] Text
SKRIPSI _ Alfi Adriyan_bab i.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] Text
SKRIPSI _ Alfi Adriyan_bab ii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
SKRIPSI _ Alfi Adriyan_bab iii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[img] Text
SKRIPSI _ Alfi Adriyan_bab iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] Text
SKRIPSI _ Alfi Adriyan_daftar pustaka.pdf

Download (170kB)

Abstract

Keberadaan Gojek memudahkan mobilitas orang banyak dan membantu orang-orang yang tidak memiliki pekerjaaan melalui kesempatan peluang pekerjaan menjadi driver Gojek. Kelebihan pelayanan pengangkutan menggunakan teknologi informasi ini yaitu adanya transparansi tarif serta pembayaran yang mudah, identitas driver gojek dapat teridentifikasi dan perjalanan mereka dapat dipantau melalui aplikasi Gojek pada smartphone. Aplikasi gojek menawarkan kemudahan layanan sehingga masyarakat lebih mempercayainya dalam aktivitas sehari-harinya, tetapi dengan banyaknya masyarakat yang menggunakan jasa tersebut munculnya permasalahan mitra gojek yang mengarah pada kasus kriminalitas terutama pada pelayanaan go-send. Penelitian ini menerapkan metode pendekatan yuridis empiris dengan mengumpulkan data melalui wawancara, dan studi pustaka. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Sanksi yang diberikan kepada para mitra Gojek dalam hal tidak diserahkannya barang milik konsumen yaitu Putus Mitra (PM) karena perbuatan mitra Gojek tersebut termasuk kedalam tindakan kriminal sehingga dalam peraturan Gojek termasuk pelanggaran tingkat V. Sedangkan penyedia aplikasi gojek juga dapat dimintai pertanggung jawaban hukum karena tindakan yang dilakukan oleh driver Gojek dapat dikatekatogikan sebagai pelanggaran hukum. Sanksi tersebut berupa ganti rugi kepada konsumen yang dirugikan. (2) Tanggung jawab hukum pihak penyedia aplikasi Gojek kepada konsumen atas tidak diserahkannya barang milik konsumen oleh driver Gojek, yaitu penyedia aplikasi gojek akan mengganti kerugian yang didasarkan pada harga barang normal dipasaran serta memberikan asuransi berdasarkan kategori barang dengan maksimal asuransi Rp. 10.000.000,-, sedangkan driver gojek yang melakukannnya dikenakan sanksi Putus Mitra (PM).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab, Penyedia Aplikasi Gojek, dan Mitra Gojek (Driver)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH2
Date Deposited: 23 Jan 2024 07:24
Last Modified: 23 Jan 2024 07:24
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20601

Actions (login required)

View Item View Item