RERUNG, Novianti Tandi (2023) PENGARUH PENGETAHUAN, SOSIALISASI PAJAK, KUALITAS PELAYANAN, DAN PERSEPSI ATAS EFEKTIVITAS SISTEM PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Studi Kasus pada Pelaku UMKM di Indonesia). Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika & Bisnis.
Text (Cover)
1._S___Cover___12030119140262.pdf - Published Version Download (257kB) |
|
Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12030119140262.pdf - Published Version Download (240kB) |
|
Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12030119140262.pdf - Published Version Download (240kB) |
|
Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12030119140262.pdf - Published Version Download (338kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12030119140262.pdf - Published Version Download (345kB) |
|
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12030119140262.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengetahuan perpajakan, sosialisasi pajak, kualitas pelayanan, dan persepsi atas efektivitas sistem perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak. Objek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah wajib pajak pelaku UMKM di Indonesia. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 149 responden.
Penelitian ini menggunakan metode survei melalui penyebaran angket (kuesioner). Kuesioner tersebut disebar melalui google form secara langsung dan tidak langsung melalui pesan serta bantuan pihak ketiga yang menjadi perantara kepada wajib pajak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan perpajakan, sosiasialisasi pajak, kualitas pelayanan, dan persepsi atas efektivitas sistem perpajakan berpengaruh positif signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak pelaku UMKM di Indonesia. Hal tersebut menunjukkan bahwa ketika pengetahuan perpajakan, sosialisasi pajak, kualitas pelayanan, dan persepsi atas efektivitas sistem perpajakan meningkat, kepatuhan wajib pajak pun akan meningkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengetahuan perpajakan, sosialisasi pajak, kualitas pelayanan, persepsi atas efektivitas sistem perpajakan, kepatuhan wajib pajak |
Subjects: | Economics and Business > Accounting Economics and Business |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Accounting |
Depositing User: | Nila Nurjanah |
Date Deposited: | 22 Jan 2024 08:30 |
Last Modified: | 29 Jan 2024 06:29 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20530 |
Actions (login required)
View Item |