Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PEMASARAN HASIL TANGKAPAN IKAN TERI (Stolephorus sp.) DI PERAIRAN PEMALANG YANG DIDARATKAN DI PPP ASEMDOYONG, JAWA TENGAH (23dpt416)

PUTRI, ADELLA RANTIKA (2023) ANALISIS PEMASARAN HASIL TANGKAPAN IKAN TERI (Stolephorus sp.) DI PERAIRAN PEMALANG YANG DIDARATKAN DI PPP ASEMDOYONG, JAWA TENGAH (23dpt416). Undergraduate thesis, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

[img] Text
Adella Rantika Putri 23dpt416.pdf

Download (836kB)

Abstract

ABSTRAK

(Adella Rantika Putri. 260301181202006. Analisis Pemasaran Hasil Tangkapan Ikan Teri (Stolephorus sp.) di Perairan Pemalang yang Didaratkan di PPP Asemdoyong, Jawa Tengah. Abdul Kohar Mudzakir dan Faik Kurohman)

Ikan Teri (Stolephorus sp.) merupakan salah satu komoditas perikanan penting dan tergolong pada ikan pelagis kecil yang berada di PPP Asemdoyong. Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Asemdoyong secara struktural merupakan Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah yang mempunyai peran penting dalam peningkatan pendapatan serta kesejahteraan bagi masyarakat di kawasan pelabuhan. Pemasaran merupakan hal yang paling penting dalam menjalankan sebuah usaha perikanan karena pemasaran merupakan tindakan ekonomi yang berpengaruh terhadap tinggi rendahnya pendapatan nelayan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis distribusi pemasaran, margin pemasaran dan fisherman’s share serta efisiensi pemasaran pada tiap-tiap lembaga pemasaran. Metode penelitian bersifat deskriptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan pendekatan survei. Penentuan jumlah responden berupa metode slovin (nelayan) dan sensus (pedagang dan pengolah ikan asin). Jumlah responden dalam penelitian yaitu sebanyak 89 orang yang terdiri dari 52 nelayan, 25 pedagang, dan 12 pengolah ikan asin. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis distribusi pemasaran, analisis margin pemasaran, analisis fisherman’s share, dan analisis efisiensi pemasaran. Hasil penelitian ini terdapat 2 bentuk saluran pemasaran. Saluran pemasaran I terdiri dari nelayan, pedagang, konsumen dan saluran pemasaran 2 terdiri dari nelayan, pengolah ikan asin, konsumen. Total margin pemasaran untuk saluran I sebesar Rp. 26.000 dengan dan fisherman’s share 75%, saluran II total margin sebesar Rp. 30.000 dan fisherman’s share sebesar 65%. Nilai efisiensi pemasaran untuk saluran pemasaran I sebesar 0,29 dan saluran pemasaran II 0,05. Berdasarkan hasil tersebut pemasaran ikan Teri di PPP Asemdoyong tergolong efisien dikarenakan nilai efisiensi <1.

Kata kunci: Distribusi pemasaran, Fisherman’s share, Ikan Teri, Margin.

ABSTRACT

(Adella Rantika Putri. 26030118120006. Marketing Analysis of Anchovy (Stolephorus sp.) Catches in Pemalang Waters Landed at PPP Asemdoyong, Central Java. Abdul Kohar Mudzakir and Faik Kurohman)

Anchovy (Stolephorus sp.) is one of the important fishery commodities and is classified as a small pelagic fish located in Asemdoyong PPP. Asemdoyong Coastal Fisheries Port (PPP) is structurally a Technical Implementation Unit (UPT) of the Central Java Province Maritime and Fisheries Service which has an important role in increasing income and welfare for the community in the port area. Marketing is the most important thing in running a fisheries business because marketing is an economic action that affects the high and low income of fisherman. The purpose of this research is to analyze marketing distribution, marketing margin and fisherman's share as well as marketing efficiency in each marketing institution. The research method is descriptive through observation, interviews, and documentation using a survey approach. Determination of the number of respondents in the form of slovin method (fisherman) and census (traders and salted fish processors). The number of respondents in the study was 89 people consisting of 52 fisherman, 25 traders, and 12 salted fish processors. Data analysis used in this study is marketing distribution analysis, marketing margin analysis, fisherman's share analysis, and marketing efficiency analysis. The results of this study are 2 forms of marketing channels. Marketing channel I consists of fisherman, traders, consumers and marketing channel 2 consists of fisherman, salted fish processors, consumers. The total marketing margin for channel I is IDR. 26,000 with and fisherman's share of 75%, channel II total margin of IDR. 30,000 and fisherman's share of 65%. The marketing efficiency value for marketing channel I is 0.29 and marketing channel II is 0.05. Based on these results, anchovy marketing at PPP Asemdoyong is classified as efficient because the efficiency value <1.

Keywords: Marketing channel, Fisherman's share, Anchovy, Margin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Distribusi pemasaran, Fisherman’s share, Ikan Teri, Margin, Marketing channel, Anchovy.
Subjects: Fisheries And Marine Sciences
Divisions: Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Capture Fisheries
Depositing User: pancasila wati
Date Deposited: 22 Jan 2024 02:10
Last Modified: 22 Jan 2024 02:10
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20487

Actions (login required)

View Item View Item