WAKHIDA, Siti Fahmiyani (2023) ANALISIS PENGARUH RELIGIUSITAS, LITERASI KEUANGAN SYARIAH DAN CITRA MEREK ISLAM TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA BERTRANSAKSI DI BANK SYARIAH (Studi pada Mahasiswa Muslim Universitas Umum Negeri di Jawa Tengah). Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
Text (Cover)
1._S___Cover___12020219120017.pdf - Published Version Download (226kB) |
|
Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12020219120017.pdf - Published Version Download (257kB) |
|
Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12020219120017.pdf - Published Version Download (258kB) |
|
Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12020219120017.pdf - Published Version Download (289kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12020219120017.pdf - Published Version Download (406kB) |
|
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12020219120017.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Indonesia merupakan negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam,
namun masyarakat yang menjadi nasabah perbankan syariah masih tergolong
sedikit. Hal ini juga disebabkan indeks literasi keuangan syariah masyarakat
Indonesia masih sangat rendah, sehingga untuk meningkatkan keputusan
masyarakat menggunakan produk perbankan, perlunya bank syariah dalam
menciptakan citra yang baik kepada nasabahnya. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh religiusitas, literasi keuangan syariah dan citra merek islam
terhadap keputussan mahasiswa bertransaksi di bank syariah (studi pada mahasiswa
muslim universitas umum negeri di Jawa Tengah).
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiwa muslim di universitas umum
negeri di Jawa Tengah. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan
teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebar
kuesioner secara online yang sesuai dengan kriteria penelitian. Metode analisis data
yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi
klasik, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis dengan menggunakan aplikasi
Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara persial religiusitas dan literasi
keuangan syariah tidak berpengaruh terhadap keputusan bertransaksi di bank
syariah, sementara citra merek islam secara persial memiliki pengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan bertansaksi di bank syariah. Secara simultan
religiusitas, literasi keuangan syariah dan citra merek islamberpengaruh positif dan
signifkan terhadap keputusan bertransaksi di bank syariah. Nilai R squere sebesar
0,687 menunjukkan bahwa 68,7% keputusan bertransaksi di bank syariah
dijelaksan oleh variabel independen dan sisanya sebesar 31,3 % dijelaksan oleh
faktor lain diluar penelitian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | religiusitas, literasi keuangan syariah, citra merek islam, keputusan bertransaksi, bank syariah |
Subjects: | Economics and Business Economics and Business > Islamic Economics |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Islamic Economics |
Depositing User: | Mr Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 07:02 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 07:02 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20332 |
Actions (login required)
View Item |