MUNAWAROH, SITI (2022) ANALISIS POLA DISTRIBUSI DAN MARGIN PEMASARAN HASIL TANGKAPAN IKAN TONGKOL (Euthynnus affinis) DI PPP TEGALSARI, JAWA TENGAH (23dpt109). Undergraduate thesis, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.
Text
Siti Munawaroh 23dpt109.pdf Download (447kB) |
Abstract
ABSTRAK
Siti Munawaroh (26030118130104). Analisis Pola Distribusi dan Margin Pemasaran Hasil Tangkapan Ikan Tongkol (Euthynnus affinis) di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tegalsari, Jawa Tengah. (Dian Wijayanto dan Agus Suherman).
Perairan Kota Tegal mempunyai kekayaan sumber daya perikanan dengan hasil tangkapan ikan dominan dan bernilai ekonomis tinggi, salah satunya yaitu ikan tongkol (Euthynnus affinis). Pemasaran harus dilakukan sebaik mungkin untuk menghasilkan harga jual yang sesuai dan tidak mengakibatkan kerugian. Tujuan
penelitian ini adalah untuk menganalisis pola distribusi saluran pemasaran dan menganalisis margin pemasaran, fisherman’s share, serta efisiensi pemasaran ikan tongkol (Euthynnus affinis). Metode dalam penelitian adalah metode deskriptif dengan metode pengumpulan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan wawancara, sedangkan data sekunder dengan mencatat hasil dari laporan yang terdapat di PPP Tegalsari. Penelitian ini dilakukan dengan wawancara berbasis kuesioner. Responden ditentukan menggunakan metode snowball sampling.
Wawancara dilakukan pada 130 responden yang terdiri dari nelayan gill net, pedagang ikan skala besar, menengah, dan kecil. Analisis yang digunakan adalah analisis pendapatan usaha, R/C Ratio, margin pemasaran, efisiensi pemasaran, dan fisherman’s share. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa terdapat 4 pola distribusi saluran pemasaran ikan tongkol (Euthynnus affinis). Total nilai margin pemasaran pada pola distribusi saluran pemasaran 1 - 4 adalah sebesar Rp 8.443,00 - Rp 16.033,00 dan diperoleh presentase margin pemasaran sebesar 55% - 70%. Nilai
presentase fisherman’s share sebesar 30% - 45%. Hubungan besarnya nilai margin pemasaran dengan nilai fisherman’s share yaitu tidak berbanding lurus. Nilai efisiensi pemasaran dari pola distribusi saluran pemasaran 1 – 4 sebesar 0,02 - 0,05. Berdasarkan hasil, dapat diketahui bahwa secara keseluruhan pemasaran ikan tongkol (Euthynnus affinis) di PPP Tegalsari tergolong efisien karena besarnya nilai efisiensi pemasaran pada masing-masing pelaku pemasaran < 1.
Kata Kunci: Ikan Tongkol, Margin Pemasaran, PPP Tegalsari, Saluran Pemasaran.
ABSTRACT
Siti Munawaroh (26030118130104). Analysis of Distribution Patterns and Marketing Margins of Indian mackerel (Euthynnus affinis) Catches in CFP Tegalsari, Central Java. (Dian Wijayanto and Agus Suherman).
The waters of Tegal City have a wealth of fishery resources with dominant fish catches and high economic value, one of which is Indian mackerel (Euthynnus affinis). Marketing must be done as well as possible, with good marketing it will produce an appropriate selling price and not result in losses. The purpose of this study was to determine the distribution pattern of marketing channels and analyze marketing margins, fisherman’s share, and marketing efficiency of Indian mackerel (Euthynnus affinis). The method used in the research was descriptive method with primary and secondary data collection methods. Primary data of this study were obtained through interview method, while the secondary data were collected from the recording the result of the reports contained in the CFP Tegalsari. The sampling method was snowball sampling. Interviews were conducted on 130 respondents consisting of gill net fisherman, large, medium, and small scale traders. The analysis used is the analysis of operating income, R/C Ratio, marketing margin, marketing efficiency, and fisherman's share. The results of this study found that there are 4
distribution pattern of Indian mackerel (Euthynnus affinis) marketing channels. The total value of the marketing margin of marketing channels 1 to 4 is IDR 8.443 to IDR 16.033 and the marketing margin percentage is 55% to 70%. The percentage value
of fisherman’s share is 30% to 45%. The relationship between the value of the marketing margin and the value of the fisherman’s share is not directly proportional. The value of marketing efficiency from marketing channels 1 to 4 is 0,02 to 0,05. The
value of marketing margin and fisherman’s share has an effect on marketing efficiency and is not directly propotional. Based on these results, it can be seen that the overall marketing of Indian mackerel (Euthynnus affinis) in Tegalsari Coastal Fishing Port is classified as efficient because the value of marketing efficiency for each business is < 1.
Keywords: Indian mackerel, Marketing Channel, Marketing Margin, Tegalsari Coastal Fishing Port.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ikan Tongkol, Margin Pemasaran, PPP Tegalsari, Saluran Pemasaran. Indian mackerel, Marketing Channel, Marketing Margin, Tegalsari Coastal Fishing Port. |
Subjects: | Fisheries And Marine Sciences |
Divisions: | Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Capture Fisheries |
Depositing User: | pancasila wati |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 07:58 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 07:58 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19950 |
Actions (login required)
View Item |