Janata, Mohammad Sabily (2023) OPTIMALISASI PENANGANAN BARANG KIRIMAN PADA EKSPEDISI PT. LION EXPRESS (LION PARCEL) KABUPATEN REMBANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
Text
S_MAL_Mohammad Sabily Janata Cover.pdf - Published Version Download (212kB) |
|
Text
S_MAL_Mohammad Sabily Janata BAB I.pdf - Published Version Download (179kB) |
|
Text
S_MAL_Mohammad Sabily Janata Dapus.pdf - Published Version Download (150kB) |
Abstract
Saat ini, masyarakat banyak yang melakukan kegiatan jual beli barang secara online melalui berbagai macam situs belanja online. Semakin bermunculannya situs jual beli barang secara online memicu banyaknya jasa ekspedisi guna mendukung kelancaran layanan jual beli tersebut. Perusahaan jasa layanan pengiriman barang seperti JNE, J&T Express, Si Cepat dan masih banyak lagi yang lainnya. Ada beberapa kendala selama proses pengiriman barang tersebut, diantaranya barang rusak, barang pecah, barang mengeluarkan cairan, bahkan barang mengeluarkan aroma tidak sedap. Penelitian ini berguna untuk mengetahui cara optimalisasi penanganan barang kiriman dan mengetahui faktor penyebab dari kerusakan barang kiriman di PT. Lion Express (Lion Parcel) Kabupaten Rembang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitan ini didapat melalui observasi, wawancara serta dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : proses pengiriman barang pada PT. Lion Express (Lion Parcel) Kabupaten Rembang penanganan barang kiriman dengan pembuatan Standar Operasional Prosedur (SOP). Untuk menunjang kelancaran penanganan kiriman barang PT. Lion Express (Lion Parcel) Kabupaten Rembang maka petugas sortir memilah barang sesuai dengan kriterianya dan penempatan barang menggunakan keranjang. Faktor penyebab kerusakan barang kiriman PT. Lion Express (Lion Parcel) Kabupaten Rembang yaitu barang yang tergolong perishable, pecah belah, makanan, dangerous goods, dll tidak disendirikan atau dicampur dengan paket umum lainnya yang dijadikan satu karung dalam pelabelan cargo number.
Kata Kunci : Pengiriman, Optimalisasi, Penanganan, Standar Operasional Prosedur (SOP), PT. Lion Express.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Pengiriman, Optimalisasi, Penanganan, Standar Operasional Prosedur (SOP), PT. Lion Express. |
Subjects: | Humanities |
Divisions: | School of Vocation > Diploma in Management |
Depositing User: | Oktavia Perpus Vokasi |
Date Deposited: | 05 Jan 2024 06:54 |
Last Modified: | 05 Jan 2024 06:54 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19866 |
Actions (login required)
View Item |