Search for collections on Undip Repository

Hubungan Terpaan Kampanye Pemilahan Sampah Dan Intensitas Interaksi Peer Group Dengan Perilaku Pemilahan Sampah Rumah Tangga Oleh Followers @Pilahsampah

HAMIDAH, NADIYA (2023) Hubungan Terpaan Kampanye Pemilahan Sampah Dan Intensitas Interaksi Peer Group Dengan Perilaku Pemilahan Sampah Rumah Tangga Oleh Followers @Pilahsampah. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (849kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (597kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version

Download (256kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Submitted Version

Download (225kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (360kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version

Download (706kB)

Abstract

Akun Instagram @pilahsampah telah secara aktif menyuarakan kampanye tentang perilaku pemilahan sampah, tampaknya implementasi praktik ini belum mencapai tingkat optimal di antara para pengikut @pilahsampah. Meskipun kampanye tersebut telah disampaikan melalui media sosial dengan maksud memberikan panduan dan dorongan kepada pengikut untuk ikut serta dalam tanggung jawab atas pemilahan sampah, namun terdapat kesenjangan antara pesan kampanye dan tingkat pelaksanaan perilaku pemilahan sampah rumah tangga dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan terpaan kampanye pemilahan sampah dan intensitas interaksi peer group dengan perilaku pemilahan sampah rumah tangga oleh followers @pilahsampah.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis eksplanatori dan didasarkan pada konsep Teori Pembelajaran Sosial. Teknik pengambilan sampel berupa non probability sampling dengan melibatkan sejumlah sampel sebanyak 100 responden yang pernah membaca, melihat atau mendengar pesan kampanye pemilahan sampah dan merupakan followers dari akun sosial media @Pilahsampah, serta menjadi bagian dari Komunitas Pilah Sampah. Hasil penelitian dengan uji analisis Kendall’s W menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara terpaan kampanye pemilahan sampah dan intensitas interaksi peer group dengan perilaku pemilahan sampah rumah tangga oleh followers @pilahsampah, dengan nilai signifikansi sebesar 0,002, di mana angka tersebut lebih kecil dibandingkan dengan nilai 0,05 yang artinya signifikan.

Kata kunci : Terpaan Kampanye Pemilahan Sampah, Intensitas Interaksi Peer group, Perilaku Pemilahan Sampah Rumah Tangga

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 29 Dec 2023 07:28
Last Modified: 29 Dec 2023 07:28
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19589

Actions (login required)

View Item View Item