Search for collections on Undip Repository

PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN INDIHOME DI KOTA SEMARANG

Harviyanto, Fakhruddin Azzam (2023) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN INDIHOME DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
COVER (2).pdf - Submitted Version

Download (558kB)
[img] Text
BAB 1 (1).pdf - Submitted Version

Download (532kB)
[img] Text
BAB 2 (1).pdf - Submitted Version

Download (322kB)
[img] Text
BAB 3 (1).pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] Text
BAB 4 (1).pdf - Submitted Version

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf - Submitted Version

Download (75kB)
[img] Text
LAMPIRAN (2).pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dengan berkembang dan beragamnya fasilitas telekomunikasi serta produk
teknologi informasi yang semakin canggih, hal ini terjadi sebagai dampak dari
perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi yang merupakan salah satu
aspek dari era globalisasi, di tengah peningkatan komputer dan layanan jaringan
internet, perusahaan dituntut untuk terus berinovasi agar dapat meningkatkan
keputusan pembelian. Keputusan pembelian merupakan salah satu kunci untuk
meningkatkan penjualan produk suatu perusahaan. Ada banyak faktor untuk
meningkatkan keputusan pembelian, diantaranya yaitu kualitas produk harus
memenuhi standar yang baik. Selain itu, harga juga menjadi pertimbangan penting,
karena kenaikan harga akan mempengaruhi keputusan pembelian terhadap produk
atau jasa yang ditawarkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga
terhadap keputusan pembelian IndiHome di Kota Semarang. Tipe penelitian ini
adalah explanatory research dengan teknik multistage sampling dan purposive
sampling. Data diolah menggunakan SPSS for windows version 26.0 yang
digunakan untuk uji validitas, uji reliabilitas, uji koefesien korelasi, uji koefesien
determinasi, analisis regresi linear sederhana dan berganda, serta uji signifikasi (uji
t dan uji F).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas produk dan harga berpengaruh
positif signifikan terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun
simultan. Perhitungan secara parsial kualitas produk memiliki pengaruh terhadap
keputusan pembelian yakni sebesar 37,6%. Sedangkan, harga mempengaruhi
keputusan pembelian sebesar 45,8%. Selanjutnya, secara simultan kualitas produk
dan harga memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 50,5%.
Dari hasil penelitian, disarankan kepada PT. Telekomunikasi Indonesia
Semarang untuk melakukan beberapa evaluasi mengenai kualitas produk IndiHome
serta melakukan evaluasi pada harga IndiHome.
Kata kunci : Kualitas Produk, Harga, dan Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 29 Dec 2023 07:12
Last Modified: 29 Dec 2023 07:12
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19585

Actions (login required)

View Item View Item