Search for collections on Undip Repository

PENGARUH WORD OF MOUTH DAN REFERENCE GROUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN BRAND CREDIBILITY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Konsumen Lemari Es Merek Sharp di Kota Surakarta)

Purbi, Ranny (2023) PENGARUH WORD OF MOUTH DAN REFERENCE GROUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN BRAND CREDIBILITY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Konsumen Lemari Es Merek Sharp di Kota Surakarta). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (594kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (213kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (961kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (137kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version

Download (2MB)

Abstract

Industri elektronika dikenal dengan industri padat teknologi dimana teknologi produk
berkembang pesat dan siklus hidup yang relatif singkat. Saat ini industri elektronika
beredar di Indonesia yakni peralatan rumah tangga. Peralatan rumah tangga yang cukup
populer dikalangan masyarakat yaitu lemari es merek Sharp. Popularitas lemari es
Sharp dikenal sebagai produk elektronik populer dengan jaminan mutu dan kualitas,
baik dari segi teknologi maupun ramah lingkungan. Sehingga tujuan penelitian ini ialah
untuk mengetahui pengaruh word of mouth dan reference group terhadap keputusan
pembelian melalui brand credibility. Pengaruh antara variabel bebas, variabel terikat,
dan variabel intervening. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan non�probability sampling yaitu dengan purposive sampling method, sehingga didapatkan
jumlah responden sebanyak 100 responden yang telah mengisi kuesioner. Tipe
penelitian ini adalah explanatory research dengan pengolahan data menggunakan
aplikasi perangkat komputer SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa word of
mouth dan reference group masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap
brand credibility. Variabel word of mouth dan reference group masing-masing juga
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Lalu variabel word
of mouth dan reference group melalui brand credibility dari hasil pengaruh tidak
langsung, masing-masing menunjukkan hasil yang positif dan signifikan. Ini artinya
brand credibility mampu berperan sebagai intervening tiap hubungan secara parsial.
Kata Kunci : Word Of Mouth, Reference Group, Brand Credibility dan Keputusan
pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 28 Dec 2023 08:48
Last Modified: 31 May 2024 02:17
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19533

Actions (login required)

View Item View Item