Search for collections on Undip Repository

Hubungan antara Fungsi dan Dimensi Ventrikel Kanan dengan Kapasitas Latihan pada Pasien “Long COVID” : Studi Kasus di RSUP Dr. Kariadi Semarang

Kuntadi, Putu Aditya and Uddin, Ilham and Safir, Safir and Farhanah, Nur and Bahrudin, Bahrudin (2023) Hubungan antara Fungsi dan Dimensi Ventrikel Kanan dengan Kapasitas Latihan pada Pasien “Long COVID” : Studi Kasus di RSUP Dr. Kariadi Semarang. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Putu Aditya Darmawan Kuntadi - 22041717320007 - TESIS.pdf)
Putu Aditya Darmawan Kuntadi - 22041717320007 - TESIS.pdf

Download (101kB)

Abstract

LATAR BELAKANG: Gejala klinis COVID-19 dapat menetap setelah periode infeksi akut, yang disebut dengan istilah “Long COVID”. Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan antara fungsi dan dimensi ventrikel kanan dengan kapasitas latihan pada pasien “Long COVID”.
METODE: Penelitian ini merupakan studi observasional analitik dengan pendekatan belah lintang. Sampel penelitian adalah 40 pasien dengan riwayat pneumonia COVID-19. Fungsi ventrikel kanan dievaluasi dengan ekokardiografi dan kapasitas latihan dievaluasi dengan treadmill test. Data dianalisis dengan uji korelasi Pearson atau Spearman.
HASIL: Sampel penelitian ini didominasi derajat sedang infeksi akut COVID 19 dengan rerata umur 48 tahun dan 21 laki-laki. Terdapat korelasi negatif antara nilai RV free wall strain (FWS) dengan kapasitas latihan (r=-0.5, p=0.001) dan korelasi positif antara RV fractional area changes (FAC) dengan kapasitas latihan (r=0.5, p<0.001). Pada analisis multivariat, RV FWS secara independen berpengaruh terhadap kapasitas latihan (OR 6.7, p=0.04).
KESIMPULAN: Terdapat korelasi antara fungsi ventrikel kanan yang dinilai dengan FWS dan FAC dengan kapasitas latihan pada pasien “Long COVID”.
KATA KUNCI: long COVID, fungsi ventrikel kanan, kapasitas latihan

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: long covid, kapasitas latihan, fungsi ventrikel kanan
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 29 Dec 2023 07:07
Last Modified: 29 Dec 2023 07:07
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19510

Actions (login required)

View Item View Item