Search for collections on Undip Repository

Implementasi Kebijakan Pelayanan E-KTP Berbasis Digital Melalui Aplikasi Lawet Kebumen di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kebumen Tahun 2022-2023

Prameisti, Syifa Anaqah (2023) Implementasi Kebijakan Pelayanan E-KTP Berbasis Digital Melalui Aplikasi Lawet Kebumen di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kebumen Tahun 2022-2023. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (421kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (245kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (195kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version

Download (56kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (126kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version

Download (446kB)

Abstract

Pemerintah wajib memberikan pelayanan publik kepada masyarakat dengan baik.
Perkembangan teknologi membuat terciptanya sebuah inovasi yang berbentuk aplikasi
untuk melayani pelayanan administrasi dan pencatatan sipil di Kabupaten Kebumen.
Kabupaten Kebumen menjadi salah satu kabupaten yang ada di Indonesia yang
mendapatkan penghargaan sebagai pelayanan publik terbaik nasional. Terciptanya
aplikasi Lawet Kebumen salah satunya adalah untuk memudahkan masyarakat dalam
mendapatkan pelayanan berbasis digital seperti E-KTP melalui aplikasi tersebut tanpa
harus datang langsung ke kantor Disdukcapil Kebumen. Digitalisasi pelayanan publik
menjadi salah satu pelayanan yang sudah diterapkan di beberapa instansi salah satunya
adalah Disdukcapil Kebumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis
pelaksanaan kebijakan pelayanan E-KTP berbasis digital melalui aplikasi Lawet
Kebumen di Disdukcapil Kebumen tahun 2022-2023. Teori yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu teori implementasi kebijakan milik Charles O. Jones (1996) yang
terbagi menjadi tiga tahapan yaitu pengorganisasian, interpretasi, dan aplikasi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif
deskriptif dengan memperdalam proses implementasi pelayanan E-KTP berbasis digital
melalui aplikasi Lawet Kebumen tahun 2022-2023 dengan menggunakan teori yang
relevan. Subjek penelitian ini adalah masyarakat pengguna aplikasi Lawet Kebumen dan
pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kebumen. Lokasi
penelitian dilakukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kebumen.
Jenis dan sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yang didapatkan
langsung di lapangan pada saat wawancara dan sumber data sekunder seperti buku,
artikel, dan jurnal ilmiah yang berkaitan dengan penelitian kemudian diolah dan
dinarasikan sesuai dengan kebutuhan penelitian. Teknik pengumpulan data melalui
observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan implementasi kebijakan pelayanan E-KTP berbasis
digital melalui aplikasi Lawet Kebumen tahun 2022-2023 sudah berjalan dengan baik
melalui proses implementasi dengan tiga tahap yang penting. Tahap yang pertama adalah
pengorganisasian yang terdiri dari tiga aspek seperti sumber daya, struktur organisasi, dan
metode. Pada tahap ini sudah dapat dikatakan baik karena Disdukcapil memiliki sumber
daya manusia yang berkualitas dan sumber daya sarana dan prasarana sudah memadai.
Tahap yang kedua adalah interpretasi, tahap ini Disdukcapil Kebumen memperkenalkan
aplikasi Lawet Kebumen untuk melayani E-KTP berbasis digital melalui sosialisasi
media sosial dan gambar. Tahap yang ketiga adalah tahap aplikasi, pada tahap ini
pelayanan E-KTP berbasis digital melalui aplikasi Lawet Kebumen sudah berjalan
dengan baik dapat dilihat dari respon masyarakat yang baik. Namun ada kendala seperti
masih ada beberapa masyarakat yang datang ke dinas untuk mendapatkan pelayanan E�KTP karena masih kurangnya konsistensi dari dinas dalam sosialiasi terkait pelayanan E�KTP berbasis digital melalui aplikasi Lawet Kebumen. Saran untuk Disdukcapil
Kebumen seharusnya melakukan sosialisasi secara konsisten terkait aplikasi Lawet
Kebumen dan seharusnya lebih meningkatkan kemampuan kualitas sumber daya manusia
dalam pelayanan E-KTP berbasis digital. Untuk masyarakat diharapkan mampu
mengikuti perkembangan teknologi agar membantu pemerintah dalam menjalankan
kebijakan pelayanan E-KTP berbasis digital melalui aplikasi Lawet Kebumen.
Kata Kunci: Implementasi; Pelayanan Publik; E-KTP

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 15 Jan 2024 03:20
Last Modified: 15 Jan 2024 03:20
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19481

Actions (login required)

View Item View Item