Search for collections on Undip Repository

PENERIMAAN TEKNOLOGI DALAM PEMBAYARAN ZAKAT ONLINE MELALUI LAYANAN GOGIVE (Studi Muzaki Milenial Kota Semarang)

FATKHUNNISA, Olivia (2023) PENERIMAAN TEKNOLOGI DALAM PEMBAYARAN ZAKAT ONLINE MELALUI LAYANAN GOGIVE (Studi Muzaki Milenial Kota Semarang). Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Ekonomika dan Bisnis.

[img] Text (Cover)
1._S___Cover___12020219130031.pdf - Published Version

Download (221kB)
[img] Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12020219130031.pdf - Published Version

Download (367kB)
[img] Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12020219130031.pdf - Published Version

Download (368kB)
[img] Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___120202019130031.pdf - Published Version

Download (429kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12020219130031.pdf - Published Version

Download (634kB)
[img] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12020219130031.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang
mempengaruhi penerimaan dan penggunaan teknologi dalam layanan zakat online GoGive. Peneliti menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) dan UTAUT 2. Variabel independen antara lain ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, kondisi yang memfasilitasi, motivasi hedonis, nilai harga dan kebiasaan terhadap niat perilaku sebagai variabel intervening dan perilaku penggunaan sebagai variabel dependen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan analisis The Partial Least Square Structural Equational Modelling (PLS-SEM). Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 muzaki milenial Kota Semarang yang telah menggunakan layanan GoGive setidaknya satu kali. Adapun metode pengumpulan data diperoleh melalui kuesioner. Software yang digunakan untuk mengolah data adalah SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan ekspektasi usaha, pengaruh sosial, nilai harga dan kebiasaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat perilaku, serta niat perilaku berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku penggunaan. Nilai R-Squares niat perilaku sebesar 0.833 menunjukkan bahwa 83.3% niat perilaku dapat dijelaskan oleh variabel independen dan sisanya sebesar 16.7% dijelaskan oleh faktor lain di luar penelitian. Nilai R-Squares perilaku penggunaan sebesar 0.611 menunjukkan bahwa 61.1% perilaku penggunaan dapat dijelaskan oleh variabel niat perilaku dan sisanya sebesar 38.9% dijelaskan oleh faktor lain di luar penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Zakat Online, GoGive, Muzaki Milenial, UTAUT.
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Islamic Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Islamic Economics
Depositing User: Nila Nurjanah
Date Deposited: 28 Dec 2023 02:10
Last Modified: 19 Jan 2024 04:23
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19470

Actions (login required)

View Item View Item