Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN DURASI MENGENDARAI DAN JENIS SEPEDA MOTOR DENGAN KELUHAN NYERI BAHU : STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS DIPONEGORO

Syahla, Tahany and Putri, Rahmi Isma Asmara and Setiawati, Erna (2023) HUBUNGAN DURASI MENGENDARAI DAN JENIS SEPEDA MOTOR DENGAN KELUHAN NYERI BAHU : STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
ABSTRAK-KTI-TAHANY SYAHLA.pdf

Download (116kB)

Abstract

Latar Belakang: Gangguan muskuloskeletal merupakan masalah kesehatan yang cukup banyak terjadi pada populasi secara umum, salah satunya adalah nyeri bahu. Nyeri bahu dapat disebabkan oleh faktor occupational dan non-occupational. Salah satu faktor risiko terjadinya nyeri bahu adalah mengendarai sepeda motor. Penggunaan sepeda motor sebagai transportasi sehari-hari serta keluhan nyeri bahu umum ditemui pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.
Tujuan: Mengetahui hubungan durasi mengendarai dan jenis sepeda motor dengan keluhan nyeri bahu pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro
Metode: Penelitian observasional analitik dengan rancangan cross-sectional. Subjek penelitian adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro yang menggunakan sepeda motor sebagai kendaraan yang digunakan sehari-hari. Sampel dipilih menggunakan metode consecutive sampling dengan total sampel 75. Uji hipotesis menggunakan uji Rank Spearman untuk variabel durasi mengemudi sepeda motor dengan keluhan nyeri bahu. Uji Kruskal-Willis dan Mann-Whitney untuk variabel jenis sepeda motor yang terdiri atas bentuk sepeda motor dan besar CC sepeda motor dengan keluhan nyeri bahu.
Hasil: Terdapat hasil hubungan bermakna durasi mengemudi sepeda motor dengan keluhan nyeri bahu (p= 0,000). Hubungan tidak bermakna bentuk sepeda motor dengan keluhan nyeri bahu (p=0,418), maupun pada besar CC sepeda motor dengan keluhan nyeri bahu (p=0,108). Tidak terdapat pengaruh jenis kelamin (p=0,761). Terdapat pengaruh kegiatan mendorong, menarik, mengangkat, dan membawa beban serta kegiatan dengan posisi tangan di atas bahu dengan keluhan nyeri bahu (p=0,032).
Simpulan: Terdapat korelasi yang bermakna antara durasi mengendarai sepeda motor dengan keluhan nyeri bahu dan korelasi yang tidak bermakna antara jenis sepeda motor – bentuk dan besar CC – dengan keluhan nyeri bahupada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.
Kata kunci: Durasi Berkendara, Jenis Sepeda Motor, Nyeri Bahu, Kedokteran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Durasi Berkendara, Jenis Sepeda Motor, Nyeri Bahu, Kedokteran.
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 22 Dec 2023 06:34
Last Modified: 22 Dec 2023 06:34
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19318

Actions (login required)

View Item View Item