Search for collections on Undip Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI TINGKAT KEPATUHAN PENGOBATAN PADA ANAK DAN REMAJA DENGAN DIABETES MELITUS TIPE 1

Afiq, Fadgham Hamiyz Nur and Utari, Agustini and Saktini, Fanti and Pratiwi, Rina (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI TINGKAT KEPATUHAN PENGOBATAN PADA ANAK DAN REMAJA DENGAN DIABETES MELITUS TIPE 1. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Abstrak Artikel Afiq)
Abstrak Artikel Afiq.pdf

Download (112kB)

Abstract

Latar Belakang: Diabetes Melitus (DM) tipe 1 merupakan penyakit seumur hidup. Maka dari itu pengobatan dari penyakit ini juga harus dijalankan seumur hidup pasien. Apabila pengobatan yang dilakukan oleh penderita tidaklah adekuat, maka dapat menyebabkan komplikasi pada kesehatan penderita. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi ketaatan pengobatan DM tipe 1 untuk meningkatkan ketaatan pengobatan dan kualitas hidup penderita.
Tujuan: Untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi tingkat kepatuhan pengobatan pada pasien diabetes melitus tipe 1.
Metode: Penelitian yang akan diakukan adalah penelitian bersifat observasional analitik dengan design potong lintang atau penelitian Cross Sectional. Subjek penelitian anak penderita DM tipe 1 dan orang tua atau walinya. Variabel bebas adalah faktor-faktor yang memengaruhi kepatuhan pengobatan DM tipe 1 antara lain pendidikan orang tua, usia penderita DM tipe 1, lama pengobatan, tingkat ekonomi, penggunaan asuransi kesehatan, usia pertama kali terdiagnosis DM tipe 1, dan jarak rumah menuju fasilitas kesehatan dan variabel terikat adalah tingkat kepatuhan pasien DM tipe 1 dalam menjalankan pengobatannya yang diukur dengan kuesioner Diabetes Self-Management Questionare (DSMQ).
Hasil: Nilai hasil uji perbedaan tingkat kepatuhan pengobatan DM tipe 1 menurut tingkat pendidikan orang tua didapatkan p=0,064, menurut usia didapatkan p=0,702, menurut lama pengobatan DM tipe 1 didapatkan p>99, menurut tingkat ekonomi didapatkan p=0,901, menurut ketersediaan asuransi didapatkan p>0,99, menurut usia terdiagnosis DM tipe 1 didapatkan p=0,080, dan menurut jarak rumah menuju klinik endokrin didapatkan p=0,654.
Kesimpulan: Tidak terdapat perbedaan yang bermakna dari tingkat kepatuhan pengobatan DM tipe 1 baik berdasarkan tingkat pendidikan orang tua, usia, lama pengobatan DM tipe 1, tingkat ekonomi, ketersediaan asuransi, usia terdiagnosis, maupun jarak rumah menuju klinik endokrin.
Kata Kunci: Diabetes Melitus Tipe 1, Kepatuhan, Ketaatan, Anak dan Remaja, DSMQ

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Diabetes Melitus Tipe 1, Kepatuhan, Ketaatan, Anak dan Remaja, DSMQ
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 21 Dec 2023 01:24
Last Modified: 21 Dec 2023 01:24
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19119

Actions (login required)

View Item View Item