Search for collections on Undip Repository

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP LAYANAN DAN INFORMASI KEPENDUDUKAN VIA WEBSITE DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SEMARANG

Dewi, Astrid Chandra (2023) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP LAYANAN DAN INFORMASI KEPENDUDUKAN VIA WEBSITE DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (626kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (257kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (510kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] Text
BAB 5.pdf - Submitted Version

Download (73kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (147kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)

Abstract

Website Disdukcapil adalah pelayanan publik berbasis digital sebagai sumber
informasi dan pelayanan kependudukan untuk masyarakat Kota Semarang.
Masyarakat Kota Semarang sebagai pengguna layanan website menciptakan
persepsi tentang website Disdukcapil berdasarkan pengalaman dan cara pandang
individu. Dalam mengetahui persepsi masyarakat Kota Semarang terhadap
informasi dan pelayanan kependudukan via website Disdukcapil menggunakan dua
kategori yaitu persepsi yang terdiri dari 3 indikator dan informasi pelayanan publik
yang terdiri dari 3 dimensi.
Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kuantitatif dengan
pendekatan deskriptif. Penentuan jumlah sampel pada penelitian ini menggunakan
rumus Slovin dengan hasil sampel 400 masyarakat Kota Semarang. Pengambilan
sampel menggunakan teknik cluster sampling dan stratified random sampling. Area
sampel yang digunakan berjumlah 5 kecamatan dan masing-masing terdapat 4
kelurahan. Terdapat pembagian jenis responden berdasarkan jenis kelamin dan
umur. Pengumpulan data responden menggunakan kuesioner online melalui
website kuesio.id dengan skala pengukuran menggunakan teknik rating scale
dengan skala 1 hingga 10.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan website sebagai sumber
informasi dan pelayanan kependudukan dalam kategori yang baik, karena dengan
adanya website masyarakat dipermudah untuk mengetahui informasi dan
melakukan pelayanan administrasi kependudukan secara online. Pelaksanaan
website belum dapat mencapai kategori sangat baik karena terdapat beberapa
kekurangan, yaitu belum adanya fitur untuk penyandang disabilitas, menu peraturan
belum tersedia, belum adanya fitur Bahasa Inggris, terdapat masyarakat yang tidak
mengetahui website dan aplikasi Si D’nOK.

Kata kunci: Persepsi Masyarakat, Informasi dan Pelayanan Kependudukan, Website, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
NOMOR : 121PEM2023

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 19 Dec 2023 03:10
Last Modified: 19 Dec 2023 08:18
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18982

Actions (login required)

View Item View Item