Search for collections on Undip Repository

Angka Kejadian Gangguan Siklus Menstruasi Berdasarkan Indeks Massa Tubuh Mahasiswi Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Angkatan 2021

Lovelia, Liora Ziva and PUSPITASARI, VANNYA DEWI (2023) Angka Kejadian Gangguan Siklus Menstruasi Berdasarkan Indeks Massa Tubuh Mahasiswi Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Angkatan 2021. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
ABSTRAK-KTI.pdf

Download (90kB)

Abstract

Latar Belakang: Penelitian terdahulu telah menunjukkan adanya indikasi bahwa indeks massa tubuh yang tidak normal cenderung berhubungan dengan gangguan siklus menstruasi, tetapi belum ada penelitian yang secara lengkap meneliti karakteristik serta hubungan gangguan siklus menstruasi berdasarkan indeks massa tubuh, terutama pada kalangan mahasiswi. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik gangguan siklus menstruasi berdasarkan indeks massa tubuh serta menilai hubungan kedua variabel tersebut pada mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro angkatan 2021. Metode: Peneliti menggunakan model penelitian deskriptif analitik observatif cross-sectional dengan pengumpulan data primer berupa pengisian kuesioner dan pengukuran IMT. Analisis yang digunakan yaiitu analissi univariat dan bivariat dengan uji Chi-square. Hasil: Berdasarkan uji Chi-square antara indeks massa tubuh dengan gangguan siklus menstruasi, didapatkan p-value <0,001. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara indeks massa tubuh dengan terjadinya gangguan siklus menstruasi pada mahasiswi Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro angkatan 2021 dengan hasil pada IMT yang tidak normal lebih banyak terjadi gangguan siklus menstruasi.

Kata Kunci: Gangguan Siklus Menstruasi, Indeks Massa Tubuh, Mahasiswi,

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Gangguan Siklus Menstruasi, Indeks Massa Tubuh, Mahasiswi
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 22 Dec 2023 03:43
Last Modified: 22 Dec 2023 03:43
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18980

Actions (login required)

View Item View Item