Search for collections on Undip Repository

PENGARUH POPULARITAS BTS SEBAGAI BRAND AMBASSADOR TOKOPEDIA DAN BRAND ASSOCIATIONS TERHADAP BRAND LOYALTY PELANGGAN TOKOPEDIA KALANGAN GEN-Z

PRASETYANTI, NAURA KAMILA (2022) PENGARUH POPULARITAS BTS SEBAGAI BRAND AMBASSADOR TOKOPEDIA DAN BRAND ASSOCIATIONS TERHADAP BRAND LOYALTY PELANGGAN TOKOPEDIA KALANGAN GEN-Z. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (656kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (363kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version

Download (478kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Submitted Version

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (321kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tokopedia melakukan kerja sama dengan BTS sejak 2019 dan masih
berlangsung hingga sekarang. Tokopedia menjadikan BTS sebagai brand
ambassador karena popularitas yang dimiliki BTS terbilang tinggi. Tokopedia
bersama e-commerce lainnya berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik.
Berdasarkan data yang dilansir dari iPrice, dari 2020 hingga 2021, Tokopedia
naik peringkat menjadi peringkat satu sebagai e-commerce yang paling banyak
dikunjungi. Namun berdasarkan data dari Top Brand Award 2021, Tokopedia
mengalami penurunan angka di 2021 dibandingkan tahun sebelumnya, untuk
kategori Top Brand for Gen-Z Index. Dengan adanya penurunan pada Top
Brand Index, maka tingkat keloyalan pelanggan patut dipertanyakan.
Penelitian ini bertujukan menjelaskan pengaruh popularitas BTS sebagai
brand ambassador Tokopedia dan brand associations terhadap brand loyalty
pelanggan Tokopedia kalangan Gen-Z. Teori yang digunakan adalah Source
Attractiveness Model dan Brand Relationship Theory. Sampel penelitian ini
berjumlah 100 responden dengan usia 13 – 27 tahun, mengetahui BTS
menjadi Brand Ambassador Tokopedia, pernah melakukan pembelian
menggunakan Tokopedia setidaknya dalam rentang satu tahun terakhir.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability.
Hasil penelitian ini menunjukkan popularitas BTS sebagai brand
ambassador Tokopedia terhadap brand loyalty pelanggan Tokopedia kalangan
gen-Z memiliki nilai signifikansi sebesar 0,017 < 0,05, yang artinya memiliki
pengaruh. Hal ini sejalan dengan Source Attractiveness Model. Sedangkan
untuk brand associations terhadap brand loyalty pelanggan Tokopedia
kalangan gen-Z memiliki nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,01, yang artinya
memiliki pengaruh. Hal ini sejalan dengan Brand Relationship Theory.

Kata Kunci : Brand Ambassador, Brand Associations, dan Brand Loyalty
NOMOR : 103KOM2022

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 15 Dec 2023 01:59
Last Modified: 15 Dec 2023 01:59
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18801

Actions (login required)

View Item View Item