Search for collections on Undip Repository

PERILAKU IMPULSIVE BUYING TERHADAP LIVESTREAM SHOPPING MELALUI S-O-R FRAMEWORK DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Masyarakat Muslim Jawa Tengah)

AFNA, Shofi Balqissafira (2023) PERILAKU IMPULSIVE BUYING TERHADAP LIVESTREAM SHOPPING MELALUI S-O-R FRAMEWORK DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Masyarakat Muslim Jawa Tengah). Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[img] Text (Cover)
1._S___Cover___12020219130037.pdf - Published Version

Download (224kB)
[img] Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12020219130037.pdf - Published Version

Download (271kB)
[img] Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12020219130037.pdf - Published Version

Download (300kB)
[img] Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12020219130037.pdf - Published Version

Download (290kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12020219130037.pdf - Published Version

Download (395kB)
[img] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12020219130037.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kemunculan tren yang mudah meluas dengan cepat di kalangan pengguna
internet, membuat masyarakat merasa tidak ingin tertinggal dan ingin selalu
memenuhi keinginannya untuk mengikuti tren tersebut, inilah yang menjadi cikal
bakal perilaku impulsive buying. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktorfaktor penyebab perilaku impulsive buying terhadap livestream shopping melalui
kerangka kerja Stimulus-Organism-Response (S-O-R).
Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Populasi penelitian
meliputi masyarakat muslim Jawa Tengah yang pernah melakukan pembelian
produk dalam livestream shopping dengan sampel sebanyak 220 responden. Alat
analisis yang digunakan adalah SmartPLS 3.2.9 menggunakan metode analisis
Structural Equation Modelling – Partial Least Squares (SEM-PLS).
Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor stimulus yang meliputi interaksi
interpersonal, voucer diskon, dan flash sale berpengaruh positif dan signifikan
terhadap persepsi kenyamanan livestresam shopping masyarakat muslim Jawa
Tengah. Selain itu, faktor stimulus berupa kenyamanan pembelian, kegunaan
produk, dan harga produk juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi
kegunaan livestream shopping masyarakat muslim Jawa Tengah. Adapun pada
variabel yang merupakan organism yaitu persepsi kenyamanan livestream shopping
dan persepsi kegunaan livestream shopping, keduanya berpengaruh positif dan
signifikan terhadap perilaku impulsive buying masyarakat muslim Jawa Tengah
yang menjadi response dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kerangka kerja S-O-R, livestream shopping, pembelian impulsif, Structural Equation Model
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Islamic Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Islamic Economics
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 12 Dec 2023 07:32
Last Modified: 12 Dec 2023 07:32
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18696

Actions (login required)

View Item View Item