Faadilah, Khansa (2022) ANALISIS STRATEGIS PUBLIC RELATIONS ZENIUS DALAM UPAYA MEMBANGUN BRANDING SEBAGAI PLATFORM MITRA BELAJAR DARING 32KOM2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
![]() |
Text
Cover.pdf - Submitted Version Download (429kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Submitted Version Download (294kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf - Submitted Version Download (159kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (782kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Submitted Version Download (339kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf - Submitted Version Download (21kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (236kB) |
Abstract
Zenius merupakan salah satu platform edukasi berbasis teknologi
(edtech) pionir di Indonesia. Akan tetapi, Zenius masih kalah dengan start up
edtech lainnya yaitu Ruangguru dalam hal pendanaan, jumlah pengguna, dan
jumlah unduhan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi Public Relations
Zenius dalam upaya membangun branding sebagai platform mitra belajar daring
dengan menggunakan empat langkah Public Relations menurut Cutlip, Center,
dan Broom. Hal tersebut meliputi aktivitas riset, perencanaan program,
implementasi komunikasi, serta evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode
kualitatif dan pendekatan studi kasus. Terdapat tiga teori yang digunakan yaitu
Teori Integrasi Informasi, Excellence Theory of Public Relations, dan Teori
Manajemen Impresi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi
kepustakaan dan wawancara dengan dua informan yang merupakan Public
Relations Zenius.
Penelitian ini mendapatkan hasil yaitu Public Relations Zenius
melakukan tahap riset yang tergolong dalam secondary research secara terbatas,
yakni dengan metode desktop research untuk membuat PR plan. Tahap
perencanaan program yang mencakup penentuan peran Public Relations dalam
membangun dan menjaga reputasi Zenius, penetapan goals yaitu menjadi top of
mind dalam sektor edtech dan beberapa objective yang disesuaikan dengan
business unit, stakeholders, dan target audiensnya, serta penyusunan strategi
dengan menempatkan diri sebagai jurnalis, guna mendapat publisitas optimal.
Tahap implementasi komunikasi dilakukan dengan menetapkan taktik sesuai
strategi yang berfokus pada media, yaitu pengelolaan hubungan dengan media dan
taktik-taktik yang dilakukan di media (news media) sehingga memiliki
karakteristik yang paling sesuai dengan Public Information Model yang berfokus
pada penyebaran informasi untuk meningkatkan awareness. Pada tahap evaluasi,
Public Relations Zenius telah melakukan level preparation evaluation,
implementation evaluation namun belum melakukan level ketiga yaitu impact
evaluation.
Kata kunci: Public Relations, Strategi, Branding.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 30 Nov 2023 03:32 |
Last Modified: | 30 Nov 2023 03:32 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18435 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |