Search for collections on Undip Repository

Hubungan Intensitas Menonton Tayangan Review Produk Kecantikan di Tiktok dan Intensitas Komunikasi Peer group dengan Perilaku Konsumtif Produk Kecantikan 31KOM2022

Rosutami, Fatikah (2022) Hubungan Intensitas Menonton Tayangan Review Produk Kecantikan di Tiktok dan Intensitas Komunikasi Peer group dengan Perilaku Konsumtif Produk Kecantikan 31KOM2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (741kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (707kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (439kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version

Download (320kB)
[img] Text
BAB 5.pdf - Submitted Version

Download (255kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (142kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk memahami dan menjelaskan hubungan
intensitas menonton tayangan review produk kecantikan di TikTok (X1) dan
intensitas komunikasi peer group (X2) dengan perilaku konsumtif terhadap produk
kecantikan (Y). Informasi mengenai produk kecantikan saat ini bisa didapatkan
melalui berbagai sumber, salah satunya media sosial TikTok. Terdapat tren yang
berupa tayangan review beberapa produk kecantikan di TikTok yang memberikan
berbagai informasi mengenai produk kecantikan seperti kelebihan, kekurangan
serta cara penggunaan produk kecantikan. Selain itu, adanya komunikasi serta
interaksi yang terjadi dalam sebuah peer group terutama dalam membahas produk
kecantikan menjadi sumber informasi lainnya bagi konsumen. Adanya beragam
informasi mengenai produk kecantikan dari berbagai media ini seharusnya bisa
dimanfaatkan oleh konsumen secara bijak dalam menentukan produk kecantikan
yang akan dibeli, namun pada kenyataannya adanya informasi-informasi produk
kecantikan baik dari tayangan review di TikTok maupun dari komunikasi peer
group justru memunculkan perilaku konsumtif bagi konsumen dalam membeli
produk kecantikan, yang mana alasan konsumen membeli produk kecantikan bukan
lagi karena kebutuhan melainkan atas dasar keinginan, serta konsumsi terhadap
produk kecantikan cenderung berlebihan.
Penelitian ini menggunakan teori Behavioral Learning dan Reference
Group dengan teknik pengambilan sampel yaitu non-probability sampling. Sampel
yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 100 orang dengan karakteristik yaitu
laki-laki dan perempuan, berusia 18 – 34 tahun, berdomisili Kota Semarang yang
aktif menggunakan TikTok, pernah menonton tayangan review produk kecantikan di TikTok, serta pernah membeli produk kecantikan dalam waktu tiga bulan
terakhir. Uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji korelasi Kendall
Tau_b. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan intensitas menonton
tayangan review produk kecantikan di TikTok (X1) dengan perilaku konsumtif
produk kecantikan (Y) memiliki nilai signifikansi sebesar 0.050 yang artinya
signifikan, dengan nilai koefisien korelasi yaitu 0.142 yang memiliki arti yaitu
keeratan hubungan yang sangat lemah dan memiliki arah hubungan yang positif.
Selanjutnya, intensitas komunikasi peer group dengan perilaku konsumtif produk
kecantikan memiliki nilai signifikansi sebesar 0.175, yang artinya tidak signifikan.
Kata Kunci: Review, TikTok, Peer Group, Konsumtif, Produk Kecantikan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 30 Nov 2023 03:26
Last Modified: 30 Nov 2023 03:26
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18434

Actions (login required)

View Item View Item