Search for collections on Undip Repository

PERAN DIGITAL PUBLIC RELATIONS DISKOMINFO KOTA SEMARANG DALAM MENDUKUNG KOMUNIKASI PUBLIK PADA PENANGANAN PANDEMI COVID-19 09KOM2022

Sadiq, Hafiz Maulana (2022) PERAN DIGITAL PUBLIC RELATIONS DISKOMINFO KOTA SEMARANG DALAM MENDUKUNG KOMUNIKASI PUBLIK PADA PENANGANAN PANDEMI COVID-19 09KOM2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (929kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (983kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (787kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (832kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (457kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Submitted Version

Download (853kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (365kB)

Abstract

Pandemi Covid-19 menerpa seluruh dunia secara cepat dan masif, tidak
terkecuali Kota Semarang, Pemerintah sejatinya telah mengeluarkan berbagai kebijakan
prokol kesehatan dalam rangka penekanan penyebaran virus ini di masyarakat Indonesia
dan termasuk di dalamnya Kota Semarang, meskipun begitu nyatanya pertumbuhan kasus
Covid-19 di Kota Semarang sangat tinggi, banyaknya zona merah yang ada menyebabkan
Kota Semarang menjadi Kota dengan kasus aktif terbanyak di Jawa Tengah, beragam
faktor seperti Infodemics, Hoax, hingga banyaknya masyrakat yang tidak mematuhi
protokol kesehatan menjadi beberapa alasan kenapa Covid-19 di Kota Semarang begitu
tinggi, oleh karena itu dalam penelitian ini peneliti mencari tau bagaimana peran Digital
Public Relations Diskominfo Kota Semarang dalam mendukung komunikasi publik pada
penanganan pandemi Covid-19, teori yang digunakan pada penelitian kali ini adalah
Cyber Public Relations, Teori Pemrosesan Informasi, Two way Symetrical, Teori
Pemrosesan Organisasi, Two Step Flow Communication, Penelitian ini menggunakan tipe
deskriptif kualitatif dengan metode pendekatan audit public relations, data pada penelitian
ini diperoleh dengan metode wawancara serta observasi yang dilakukan secara daring
(online)

Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa Cyber/Digital Public Relations
Diskominfo Kota Semarang melakukan peran sebagai Public Relations yaitu publikasi,
event, news, community involvement, dan juga inform. PR digital Diskominfo Kota
Semarang mengutamakan penggunaan media digital dalam melakukan komunikasi
publik terkait Covid-19, beberapa media yang digunakan adalah website, Instagram,
twitter, dan youtube. Selain itu Diskominfo Kota Semarang juga mengelola web khusus
terkait Covid-19 yaitu www.siagacorona.semarangkota.go.id, kuantitas upload konten
perhari di media sosial cenderung tinggi dengan 2-3 konten terkait Covid-19 perhari,
namun dalam melakukan komunikasi publik terkait Covid-19 Diskominfo tidak
menggunakan |Brand Ambassador / duta selain Walikota Semarang, selain itu
Diskominfo Kota Semarang juga tidak melakukan riset dan survey mendalam pada
perncanaan strategi komunikasi publik yang di jalanakan. lalu dalam mengatasi informasi
hoax Diskominfo kota Semarang memiliki system untuk mendeteksi informasi hoax
secara otomatis dan aktual yang kemudian informasi terkait informasi palsu tersebut akan
di publikasikan pada website www.semarangkota.go.id, namun Diksominfo Kota
Semarang tidak pernah menindak lanjuti penyebar informasi palsu ke jalur hukum.

Kata Kunci: Digital Public Relations, Diskominfo Kota Semarang, Komunikasi Publik pada
Penanganan Pandemi COVID-19

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 29 Nov 2023 02:17
Last Modified: 29 Nov 2023 02:17
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18387

Actions (login required)

View Item View Item