Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN TINGKAT KECUKUPAN GZI IBU MENYESUI DENGAN STATUS GIZI BAYI 0-6 BULAN (STUDI DI WILAYAH KERJA UPTD PUSKESMAS PEOT KECAMATAN BORONG KABUPATEN MANGGARAI TIMUR)

SABAN, HELENA MANIK (2023) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN TINGKAT KECUKUPAN GZI IBU MENYESUI DENGAN STATUS GIZI BAYI 0-6 BULAN (STUDI DI WILAYAH KERJA UPTD PUSKESMAS PEOT KECAMATAN BORONG KABUPATEN MANGGARAI TIMUR). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO HELENA.pdf - Published Version

Download (438kB)

Abstract

Latar Belakang: Air Susu Ibu merupakan nutrisi utama pada bayi usia 0-6 bulan untuk asupan yang menunjang pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Sehingga sangat penting bagi seorang ibu untuk memaksimalkan gizi ASI sehingga akan memberikan ASI yang berkualitas untuk bayi dan menyehatkan bayi. Kesehatan bayi dapat ditunjukkan melalui status gizi bayi. Status gizi bayi adalah keadaan tubuh bayi yang merupakan akibat dari konsumsi makanan dan pengunaan zat-zat gizi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan tingkat kecukupan gizi ibu menyusui dengan status gizi bayi usia 0-6 bulan studi di wilayah kerja UPTD Puskesmas Peot Kecamatan Borong Kabupaten Manggarai Timur.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitina kuantitatif dengan teknik penelitian cross-sectional dengan penekatan point in time. Penelitian ini akan mengukur variabel status gizi bayi, usia ibu, pendidikan ibu, pekerjaan ibu, pengetahuan ibu dan tingkat kecukupan asupan yang diukur dengan 79 ibu yang memenuhi kriteria sampel. Penelitian ini akan diolah dan dianalisis menggunakan program SPSS metode uji chi square dengan nilai signifikan (0,05).
Hasil: Berdasarkan hasil penelitian diketahui usia ibu (p-value=0,0590), pendidikan ibu (p-value=0,031), status pekerjaan ibu (p-value=0,023), pengetahuan (p-value=0,007), tingkat asupan energi (p-value=0,001), tingkat asupan protein (p-value=0,002), tingkat asupan lemak (p-value=0,001), dan tingkat asupan karbohidrat (p-value=0,001) terhadap status gizi bayi.
Simpulan: Terdapat hubungan antara pendidikan, pekerjaan, pengetahuan, tingkat asupan energi, tingkat asupan protein, tingkat asupan lemak, dan tingkat asupan karbohidrat terhadap status gizi bayi bayi 0-6 bulan di wilayah kerja UPTD Puskesmas Peot Kecamatan Borong Kabupaten Manggarai Timur.

Kata kunci: ASI, Kecukupan Gizi Ibu, Pengetahuan, Status Gizi Bayi.Manggarai Timur

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 23 Nov 2023 03:31
Last Modified: 23 Nov 2023 03:31
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18249

Actions (login required)

View Item View Item